Pembuat dan Pengedar Uang Palsu Dibekuk Koramil

Published 23/05/2020 20:59:48
Pembuat dan Pengedar Uang Palsu Dibekuk Koramil

Serka D Lumbantoruan, anggota Koramil 23 Beringin bersama Kepala Desa serta Kepala Dusun berhasil membongkar pembuatan dan mengagalkan peredaran uang palsu (upal) dari tiga pelaku di Dusun VII A Desa Karang Anyar, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

Informasi dihimpun menyebutkan, terungkapnya pembuatan uang palsu itu bermula ketika Serka D Lumbantoruan mendapat kabar dalam sebuah rumah ada pembuatan uang palsu. Bersama Kepala Desa Karang Anyar dan Kepala Dusun berangkat ke lokasi rumah yang dimaksud.

Mengetahui itu, anggota Koramil dan aparat Desa menggerebek rumah di Dusun VII A Desa Karang Anyar dengan mengamankan Riwayanto (39) warga Dusun VII A Desa Karang Anyar dan Edi Novendra (43) warga Desa Samudra Tapak Tuan, Aceh Selatan.(Kapolda Sumut: Salat Idul Fitri Sebaiknya di Rumah, Jika di Masjid Patuhi Protokol Kesehatan)

Kasat Reskrim Polresta Deliserdang, Kompol M Firdaus membenarkan kedua pria diamankan dari Kecamatan Beringin.

Setelah dilakukan pengembangan, pihaknya mengamankan seorang lagi bernama Hendro yang diduga terlibat dalam pencetakan uang palsu tersebut.

"Iya diamankan hari Jumat (22/5/2020) sekira pukul 19.30 Wib dan sekarang ketiga tersangka sudah ditahan dan barang buktinya sudah disita di Polresta Deliserdang," jelasnya, Sabtu (23/5/2020).(Kapolda Sumut: Kapolda Sumut Sambangi Korban Kebakaran dan Berikan Sembako di Medan Area)

Selain mengamankan kedua pria itu, barang bukti mesin printer 1 unit, pisau cutter 1 buah, uang palsu pecahan 100.000 sebanyak 20.600.000 uang palsu pecahan 50.000 sebanyak 10.450.000, spidol tinta emas 1 buah, KTP atas nama Edi Novendra, Resi KTP atas nama Riwayanto, ponsel android 1 unit.

Artikel Asli