Terpesona Keindahan Danau Framu Papua, Airnya Biru Toska dan Sejernih Cermin

Travel | inewsid | Published at Minggu, 03 Januari 2021 - 09:25
Terpesona Keindahan Danau Framu Papua, Airnya Biru Toska dan Sejernih Cermin

JAKARTA, iNews.id - Tanah Papua merupakan daerah yang memiliki pemandangan alam paling eksotis di Indonesia. Tak hanya pegunungan dan laut, danau-danau yang ada di Papua juga tak kalah indah, seperti Danau Framu.

Dari unggahan akun Instagram, Chintya Tengens, Minggu (3/1/2021), Danau Framu terlihat indah dan memesona. Terletak di pedalaman Ayamaru, Papua Barat, danau ini memiliki air yang bening layaknya cermin.

Warna biru tosca airnya membuat siapapun yang datang ke Danau Framu, ingin cepat-cepat menceburkan diri. Meski tidak ada larangan berenang, pengunjung harus hati-hati karena danau ini memiliki kedalaman hingga enam meter.

Selain airnya yang bening, Danau Framu berlokasi di tengah hutan lebat yang masih asri dan terjaga. Konon, hutan tersebut masih terdapat flora dan fauna endemik seperti bunga anggrek hitam dan kawanan monyet ekor panjang.

Di sekitar Danau Framu tidak disediakan tempat penginapan. Pengunjung yang ingin menginap dengan cara kemping juga dilarang. Hal ini untuk menjaga keasrian danau serta hutan yang dilakukan penduduk lokal sejak lama.

Danau Framu juga menyimpan banyak ikan yang sering diambil oleh penduduk setempat untuk makan sehari-hari. Wajar saja jika penduduk sangat menjaga kawasan ini.

Meski tidak ada penginapan, wisatawan tetap bisa mengunjungi Danau Framu. Perjalanan dimulai dari Kota Sorong menuju Ayamaru yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum selama empat hingga lima jam perjalanan.

Sayangnya, tidak ada informasi mengenai biaya yang dikeluarkan untuk mendatangi Danau Framu. Karena lokasinya sangat jauh, pengunjung disarankan membawa uang cash yang lebih. Apalagi tiket pesawat terbang ke Papua rata-rata mahal.

Jika datang ke Danau Framu, pengunjung wajib menjaga kebersihan dan sopan santun. Hormati penduduk lokal dan patuhi adat istiadat setempat.

Artikel Asli