Loading...
Loading…
5 Tempat Wisata di Manado Paling Indah, Nomor 3 Bisa Lihat Burung Bermigrasi

5 Tempat Wisata di Manado Paling Indah, Nomor 3 Bisa Lihat Burung Bermigrasi

Travel | inewsid | Senin, 09 November 2020 - 18:15

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat wisata di Manado yang bisa dijelajahi saat liburan panjang. Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara yang dikelilingi oleh daerah pegunungan.

Selain ada pegunungan, Manado juga terkenal dengan destinasi pantai dan pulau-pulau eksotis. Tempat wisata di Manado selalu menyajikan pemandangan menakjubkan. Tidak heran jika keindahan Manado juga terkenal hingga mancanegara.

Salah satu destinasi paling populer di Manado adalah Bunaken. Taman laut ini terkenal memiliki berbagai macam biota laut yang eksotis. Letaknya berada di Teluk Manado yaitu di sebelah utara Kota Manado, Sulawesi Utara.

Di Bunaken Anda akan takjub dengan keindahan dan kekayaan lautnya. Bahkan, bunaken termasuk salah satu yang terindah di dunia, sehingga pernah didaftarkan ke UNESCO.

Kali ini, jika tertarik menjelajahi Manado, jangan lewatkan untuk singgah. Berikut ulasan tempat wisata di Manado yang terkenal eksotis, dirangkum pada Senin (9/11/2020).

1. Tempat Wisata di Manado Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Taman nasional laut ini memiliki luas 89.065 hektare. Taman ini memiliki biodiversitas laut tertinggi dunia, dan membuat kawasan lautnya menjadi favorit wisatawan. Kekayaan biota laut dengan konservasi terumbu karang menjadi daya tarik utamanya.

Baca Juga :
Daftar Tempat Wisata Menarik di Manado Ramai Pengunjung

Untuk menikmati pesona bawah laut, wisatawan harus menyelam ke dalamnya. Wisatawan disarankan datang pada Mei-Agustus karena arus air cukup tenang dengan suhu hangat. Terdapat puluhan titik dengan kedalaman bervariasi. Titik penyelaman berderet dari tenggara hingga barat laut yang mengitari kelima pulau dalam kawasan. Di kawasan ini terdapat 13 jenis dinding karang raksasa yang menjulang vertikal dan melengkung.

Keunikan taman laut ini adalah memiliki terowongan-terowongan mungil bawah laut. Penyelam akan dimanjakan dengan pemandangan ribuan spesies dari sekitar 58 genus ikan. Jika beruntung, Anda bisa melihat penyu sisik Hawksbill.

2. Tempat Wisata di Manado Pulau Lembeh

Pulau Lembeh merupakan salah satu destinasi populer di Sulawesi Utara. Di pulau ini terdapat berbagai titik selam yang dihuni ooleh sekitar 300 biota bawah laut dan puluhan ribu spesies yang ada di dalamnya. Spesies yang paling menjadi primadona adalah mini octopus. Tetapi spesies lain juga tak kalah menarik, seperti Nudibranch, Pigmy Seahorse, Hairy Frogfish hingga Flamboyant Sotong. Anda bisa mengelilingi pulau dan mengunjungi beberapa spot selam dengan menyewa kapal nelayan. Untuk satu kali jalan harga yang dipatok sekitar Rp200.000 hingga Rp300.000.

Baca Juga :
6 Wisata Telaga di Puncak Bogor yang Indah Menawan, Ada yang Tempatnya Tersembunyi dan Tenang

Setelah berkeliling di beberapa titik selam, Anda bisa datang melihat hutan mangrove. Beberapa wisatawan di Pulau Lembeh ini penasaran dengan adanya hutan mangrove yang hijau dan lebat. Area ini seringkali dimanfaatkan untuk berfoto atau sekadar jalan santai dan menghirup udara segar.

Tempat lainnya yang bisa dikunjungi saat berada di Pulau Lembeh adalah Monumen Trikora. Monumen ini dibangun pada 1992 dan diresmikan pada 1993. Dalam bangunan tersebut ada relief yang menceritakan tentang pembebasan Irian Barat. Pengunjung juga bisa melihat pelabuhan Bitung dan Gunung Dua Bersaudara dari kejauhan. Bangunan ini memiliki tinggi 62 meter dan luasnya 2 hektare.

3. Tempat Wisata di Manado Gunung Tumpa

Selain berwisata pantai dan pulau di Manado, Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Tumpa yang terletak di Desa Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 750 mdpl. Jadi, siapa saja bisa mendaki dengan mudah. Kawasan ini merupakan hutan lindung yang didalamnya terdapat flora dan fauna endemik Sulawesi.

Berada di puncak Gunung Tumpa, Anda dapat menikmati pemandangan Kota Manado dan Teluk Manado yang eksotis. Selain itu dari atas puncak, Anda bisa lihat Pulau Manado Tua, Bunaken, Siladen, Nain, dan Mantehage. Aktivitas paling populer dilakukan di sini adalah menikmati pemandangan matahari terbenam. Anda sudah harus berada dari jam 3 sore di sini. Karena, perjalanan untuk mencapai puncak butuh waktu 2-3 jam. Aktivitas lainnya, Anda bisa mengamati beberapa burung bermigrasi yang biasa pergi dari satu tempat ke tempat lain. Aktivitas ini paling diincar fotografer.

4. Tempat Wisata di Manado Pulau Siladen

Pulau Siladen berada di Taman Nasional Bunaken-Manado, Sulawesi Utara. Pulau ini hanya memiliki luas 31.25 hektare, dan dikelilingi oleh pantai berpasir putih, pohon-pohon palem, sagu, woka, silar, dan kelapa.

Pulau Siladen terletak di sebelah timur Pulau Bunaken atau berjarak 3 kilometer dan 8 kilometer dari pusat Kota Manado. Anda bisa mencapai Pulau Siladen dengan kapal motor sekitar 45 menit. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan lingkungan alami. Di pulau ini juga tersedia catamaran (glass boat), diving center, cottage, dan warung makanan.

Baca Juga :
11 Tempat Wisata di Medan Gratis dan Murah, Bikin Liburanmu Makin Ceria

5. Tempat Wisata di Manado Soekarno Bridge

Tempat wisata di Manado tidak hanya laut dan pulau saja. Anda juga bisa berwisata sejarah. Salah satunya wisata ke Soekarno Bridge. Ikon dari Kota Manado ini terletak di sisi Barat Daya Kota Manado. Tepatnya di kawasan Teluk Manado.

Memang tidak ada hal menarik dari jembatan ini. Tetapi, jika Anda berada di atasnya akan takjub dengan pemandangan sekitar. Dari sisi timur, Jembatan Soekarno menghadap Kota Manado. Wisatawan bisa menikmati suasana pelabuhan dan pemandangan kota lama dan baru.

Saat malam hari jembatan ini makin terlihat Instagramable karena adanya lampu yang berwarna-warni. Di sisi barat, Anda bisa melihat Gunung Manado Tua dan juga Taman Laut Bunaken. Jangan lewatkan untuk berswafoto di jembatan ini.

Original Source

Topik Menarik

{
{