Mengenal Mixology, Seni Meracik Minuman yang Lagi Tren di Kalangan Anak Muda!

Mengenal Mixology, Seni Meracik Minuman yang Lagi Tren di Kalangan Anak Muda!

Travel | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 12:03
share

JAKARTA, iNews.id - Tren makanan dan minuman di Indonesia makin berkembang di kalangan anak muda. Bahkan, belakangan ini banyak muncul makanan atau minuman kekinian yang unik .

Ya, setiap tahun pasti bermunculan hal baru yang menarik untuk dicoba. Fakta menunjukkan, sekitar 49,25 persen penduduk Indonesia menghabiskan sebagian besar uang untuk membeli makanan dan minuman (F&B). Secara demografis, 53,81 persen dari populasi ini adalah generasi muda milenial yang gemar mencoba produk dan pengalaman baru.

Tidak heran kini industri restoran dan kafe berlomba-lomba menawarkan beragam konsep unik pada setiap menu. Tidak hanya menu makanan, kini mengonsumsi minuman dengan rasa dan penyajian unik yang dikenal dengan mixology juga tengah menjadi tren. 

Suguhan minuman yang unik dengan proses pembuatan yang rumit ini menjadi preferensi terkini anak muda agar dapat merasakan cita rasa dan sensasi dari minuman-minuman tersebut. Mixology merupakan seni dan ilmu dalam meracik minuman dengan berbagai macam bahan yang dicampur melalui serangkaian uji coba dan pengembangan dengan tujuan menghasilkan minuman dengan cita rasa baru, unik dan orisinil.

Tentunya diperlukan keterampilan khusus dari para mixologist agar dapat menuangkan kreativitas dan keahlian untuk meracik kreasi minuman dengan rasa yang unik, inovatif dan berkualitas. Tidak sedikit para bartender dan mixologist mengikuti kompetisi untuk mengenalkan karyanya. Salah satunya kompetisi yang diselenggarakan oleh Polaris Drink milik PT Tempo Scan Pacific Tbk, mengajak bartender maupun mixologist profesional dan berkualitas ikut serta dalam gelaran kompetisi mixologist yang bertajuk Polaris Master ExPOLrasi 2024. 

"Melalui kompetisi ini, kami ingin memberikan tantangan kepada para mixologist berbakat di Indonesia menunjukkan kepiawaian mengeksplorasi ide baru meracik minuman dengan berbahan dasar Polaris. Kemudian dikombinasikan bersama bahan lain, sehingga menghasilkan minuman dengan cita rasa yang unik dan spesial," kata Aviaska D. Respati, Managing Director CCHC PT Tempo Scan Pacific Tbk melalui keterangannya belum lama ini.

Menurut dia, kompetisi ini mendukung bertumbuhnya mixologist berbakat di Indonesia, khususnya untuk mengasah kemampuan dan kreativitas melalui kompetisi mixology serta meningkatkan minat konsumen dalam mengeksplorasi kreasi minuman untuk memberikan pengalaman baru menemukan kombinasi rasa yang unik dan menarik. Rangkaian kompetisi ini melibatkan peserta yang datang dari kalangan hotel, restoran, maupun kafe ternama di ibu kota dan berlangsung pada 3 Mei 2024 di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta.

Chef William Gozali yang dipercaya menjadi juri sangat antusiasme terlibat di kompetisi ini. "Berkaca dari pengalaman karier saya yang juga berangkat dari kompetisi, saya sangat antusiasme menjadi saksi dalam lahirnya bibit-bibit Mixologist berbakat di Indonesia,” ujar pria yang kerap disapa WillGoz ini.  

Dalam kompetisi tersebut, para finalis berlomba meracik minuman di hadapan juri dan bersaing ketat dengan diuji berdasarkan kriteria penilaian. Setiap peserta bereksperimen dan membuat minuman menarik dengan berbagai bahan dan teknik. Kreasi ini melibatkan varian terbaru Polaris Bitter Lemon yang melengkapi rangkaian Polaris Soda Water, Polaris Coffee Cream dan Polaris Sarsaparila.

Minuman berkarbonasi ini sudah 10 tahun menemani masyarakat Indonesia memberikan sensasi kesegaran maksimal. Setelah melalui penilaian yang ketat, kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh tiga mixologist terbaik. Seluruh pemenang selain dinobatkan sebagai Polaris Master ExPOLrasi juga mendapatkan trophy dan sertifikat serta uang tunai dengan total jutaan rupiah.

William Gozali memberikan apresiasi tertinggi kepada para finalis yang telah bersaing ketat untuk dapat menciptakan kreasi minuman yang tidak hanya sekadar enak dan memiliki visual yang menarik, tapi juga mampu membuat minuman yang memiliki cerita kuat di balik resepnya, baik dari sejarah maupun esensinya.

Topik Menarik