5 Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning, Mana yang Lebih Mahal?

5 Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning, Mana yang Lebih Mahal?

Travel | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 09:08
share

IDXChannel Ada beberapa perbedaan emas putih dan emas kuning yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat.

Emas adalah salah satu jenis mineral yang bernilai tinggi dan biasa dijadikan sebagai sebuah perhiasan. Selain itu, emas juga menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup diminati oleh beberapa orang.

Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning

Pada umumnya, terdapat dua jenis emas, yakni emas putih dan emas kuning. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yang penting untuk diketahui oleh masyarakat ketika akan membelinya. Nah, sebenarnya apa saja perbedaan emas putih dan emas kuning tersebut?

1. Kandungan Emas

Perbedaan utama yang ada pada emas putih dan emas kuning terdapat pada kandungan emas yang ada di dalamnya. Dalam perhiasan, emas putih merupakan campuran antara emas dan logam mulia lainnya, seperti perak dan platinum.

Untuk perbandingannya, emas putih biasanya terdiri dari 75% emas dan 25% logam mulia lain (perak/platinum). Sedangkan untuk emas kuning memiliki kandungan emas murni di atas 75% dan sisanya merupakan tembaga atau seng.

2. Warna

Seperti namanya, kedua jenis emas ini memiliki warna yang berbeda. Emas kuning memiliki warna kuning yang khas karena emas murni tidak bereaksi dengan zat-zat kimia dan tidak teroksidasi. Emas putih, di sisi lain, memiliki warna putih atau abu-abu tergantung pada campuran logam tambahan yang digunakan.

3. Daya Tahan

Kedua jenis emas ini juga memiliki daya tahan yang berbeda. Emas kuning murni (24K) biasanya memiliki daya tahan yang lebih lunak dan mudah mengalami goresan atau deformasi. Berbeda dengan emas putih yang sudah dicampur dengan logam lain, yang membuatnya memiliki daya tahan yang lebih kuat.

5 Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning, Mana yang Lebih Mahal? (FOTO : MNC MEDIA)

4. Harga

Dari segi harga, emas putih cenderung lebih mahal dari emas kuning. Hal ini dikarenakan campuran logam yang ada pada emas putih menggunakan lapisan rhodium, sedangkan emas kuning hanya seng dan tembaga saja, sehingga harganya masih lebih murah dibandingkan dengan emas putih.

5. Perawatan

Terakhir, emas putih dan emas kuning memerlukan perawatan yang berbeda. Emas putih memerlukan perawatan tambahan dibandingkan dengan emas kuning. Karena warna putih pada perhiasan emas putih adalah hasil dari pelapisan atau pemutihan, lapisan tersebut dapat mengelupas atau mengikis dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, perhiasan emas putih perlu di-replating secara berkala untuk mempertahankan warna putihnya. Di sisi lain, perhiasan emas kuning lebih mudah dirawat karena tidak memerlukan perawatan pelapisan tambahan.

Itulah beberapa informasi mengenai perbedaan emas putih dan emas kuning yang penting untuk diketahui masyarakat. (MYY)

Topik Menarik