Matahari akan Meredup pada Waktunya, Tertulis dalam Alquran

Matahari akan Meredup pada Waktunya, Tertulis dalam Alquran

Travel | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 04:05
share

JAKARTA, celebrities.id - Keberadaan matahari tidak dipungkiri sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi, khususnya manusia.

Namun, suatu saat matahari akan padam dan menyebabkan kepunahan, terlebih bagi seluruh kehidupan di alam semesta, dikutip dari buku Alquran vs Sains Modern menurut Dr. Zakir Naik karya Ramadhani, dkk.

Diketahui, cahaya matahari muncul karena terjadinya proses kimia pada permukaannya, di mana proses tersebut berlangsung selama lima miliar tahun.

Kemudian di dalam Alquran disebutkan tentang kehidupan matahari, yakni sebagai salah satu tanda kekuasaanNya.

Allah Subhanahu Wa Ta\'ala berfirman:

Wasy-syamsu tajr limustaqarril lah, lika taqdrul-\'azzil-\'alm

Artinya: "Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui," (QS. Yasin: 38).

Ayat tersebut dalam bahasa Arab yang digunakan ialah \'mustaqarr\', artinya tempat atau waktu yang telah ditentukan. Oleh karenanya Alquran mengatakan, matahari berjalan menuju waktu yang telah ditentukan.

Hingga sampai pada waktu tertentu, matahari akan berakhir, redup atau padam. Selain itu dalam ilmu sains juga menjelaskan, bahwa benda-benda di alam semesta terbentuk akibat terjadinya peristiwa Big Bang atau ledakan besar.

Pada masanya, maka benda-benda ini juga akan hancur karena terjadi ledakan besar akibat kekuatan energi yang melampaui batas.

Kemudian dalam buku lain, Sains berbasis Alquran karya Ridwan Abdullah Sani, kondisi kehancuran alam semesta saat kiamat digambarkan di Surah At-Takwir ayat 1-2, yaitu sebagai berikut:

Iasy-syamsu kuwwirat, Wa ian-nujmungkadarat

Artinya: "Apabila matahari digulung, dan apabila bintang-bintang berjatuhan," bunyi ayat tersebut," (QS. At Takwir: 1-2).

Apabila diperhatikan ayat tersebut menjelaskan, mengenai berkurangnya materi dan energi matahari seiring berjalannya waktu.

Sehingga berubah menjadi bintang yang lebih redup. Kemudian nantinya matahari akan berubah gelap tanpa mengeluarkan cahaya.

Topik Menarik