8 Destinasi Wisata Dekat Candi Borobudur, Ada Lokasi Syuting Film AADC Lho!

8 Destinasi Wisata Dekat Candi Borobudur, Ada Lokasi Syuting Film AADC Lho!

Travel | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 12:14
share

REKOMENDASI 8 destinasi wisata dekat Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur akan jadi pusat perayaan Waisak dan festival lampion pada 4 Juni 2023.

Kementerian Agama memperkirakan bahwa 4.500 orang akan hadir untuk merayakan Waisak di Candi Borobudur. Bukan hanya dari Indonesia, 32 biksu dari berbagai negara juga turut hadir.

Candi Borobudur merupakan ikon pariwisata Indonesia. Selain sebagai destinasi wisata sejarah, candi Buddha tersebut juga sering jadi pusat peribadatan.

Dear Traveler, Segini Harga Tiket Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur

Setelah berkunjung ke Candi Borobudur, rasanya sayang jika melewatkan beberapa destinasi wisata lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat ibadah umat Buddha tersebut.

Berikut 8 destinasi wisata dekat Candi Borobudur.

Bukit Rhema

Bukit Rhema menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan setelah dijadikan sebagai lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2).

Ilustrasi

Gereja Ayam Bukit Rhema

Di dalam Bukit Rhema terdapat Gereja Ayam. Disebut demikian karena arsitektur bangunannya memang menyerupai ayam raksasa yang tengah mengerami telur.

3 Situs Warisan Dunia Asli Indonesia, Candi Borobudur hingga Pulau Komodo

Dari atas Gereja Ayam Anda bisa menyaksikan pemandangan hutan yang indah dan juga menyaksikan Candi Borobudur dari kejauhan.

Museum Kapal Samudra Raksa

Kemudian ada Museum Kapal Samudra Raksa yang jaraknya hanya 200 meter dari kawasan Candi Borobudur. Museum ini merupakan museum kemaritiman yang dikembangkan secara kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi.

Di dalam museum ini terdapat koleksi benda bersejarah dan video dokumentasi ekspedisi Samudra Raksa.

Kapal Samudra Raksa sendiri merupakan replika dari salah satu kapal dalam relief Candi Borobudur yang digagas oleh Phillip Beale, prajurit angkatan laut Kerajaan Inggris pada 1982.

Candi Mendut

Sekitar 4 km dari Candi Borobudur terdapat wisata Candi Mendut. Candi bercorak Buddha ini didirikan pada masa pemerintaha Raja Indra dari Dinasti Syailendra.

Pada candi tersebut terdapat tiga arca dan relief yang menceritakan kisah Pancatantra dan Jataka. Anda juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Sindoro dan gunung Sumbing, serta Pegunungan Menoreh dari Candi Mendut.

Candi Umbul

Kemudian ada Candi Umbul yang berlokasi di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, atau sekitar 9,6 kilomter dari Candi Borobudur. Pada candi tersebut terdapat pemandian air hangat yang merupakan peninggalan dari kerajaan Dinasti Syailendra.

Ilustrasi

Candi Umbul

Svargabumi

Di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Magelang, terdapat tempat wisiata bernama Svargabumi. Tempat ini memiliki konsep

persawahan yang estetik dan instagrammable. Terdapat 22 spot foto dengan latar belakang yang menarik dan pemandangan Candi Borobudur serta Bukit Menoreh yang apik.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu menjadi salah satu tempat wisata dekat Candi Borobudur yang banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat sunrise.

Pemandangan matahari terbit di atas bukit ini memang sangat indah, pasalnya Anda akan disajikan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang gagah terselimuti awan berwarna keemasan.

Sungai Elo

Bagi penyuka tantangan, Sungai Elo tentunya sayang jika tidak dikunjungi. Pasalnya, Sungai Elo memiliki arus yang sedang dengan pemandangan yang asri nan indah. Di sini terdapat wahana rafting atau arung jeram dengan jarak sekitar 12 km dengan total waktu tempuh 2,5 jam.

Ilustrasi

Pinus Kragilan

Terakhir ada wisata hutan pinus yang menyajikan suasana alami di kaki Gunung merbabau yakni Pinus Kragilan. Wisata ini memiliki banyak spot foto yang menarik dan kerap disebut sebagia top selfie.

Demikian 8 destinasi wisata dekat Candi Borobudur.

Topik Menarik