Tiba di Makkah, Jemaah Haji Mulai Lakukan Umrah Wajib

Tiba di Makkah, Jemaah Haji Mulai Lakukan Umrah Wajib

Travel | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 02:29
share

MAKKAH - Rombongan pertama jemaah haji yang bergerak ke Makkah mulai melakukan rangkaian ibadah umhrah wajib. Mereka adalah tiga kloter yang pada Kamis (1/6/2023) siang mengambil miqot di Bir Ali. Menyusul dua kloter yang berangkat pukul 16.00 WAR.

Sebelum umrah, jemaah transit lebih dulu di hotel. Jemaah istirahat 2-3 jam, baru bergerak ke Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah wajib. Setelah itu kembali ke hotel untuk istirahat.

Kemenag: Jemaah Haji Lansia Harus Dilayani Maksimal Tanpa Ada Komplain

Khusus jemaah lansia sudah disiapkan kursi roda ini dan petugas yang akan melayani jemaah yang lansia. "Jemaah yang menggunakan kursi roda akan dibimbing khusus untuk melaksanakan umrah wajib," kata Kepala Sektor 3 Ikbal Ismail kepada wartawan.

Pihaknya bekerjasama dengan maktab 14 yang membawahi hotel juga akan ada melakukan penyerahan hadiah dan disambut dengan lagu-lagu. Secara teknis maktab yang menyediakan untuk penyambutan ini. "Tentu kita ingin membuat jemaah merasa bangga dan senang dan sambutan lagu arab," ujarnya.

Tanggap, Petugas Haji Bantu Jemaah Lansia yang Beser di Bandara Madinah

Untuk jemaah lansia di kloter ini terdapat 63 orang di mana sebanyak 12 orang di antaranya menggunakan kursi roda. Nantinya jemaah yang menggunakan kursi roda akan dibimbing khusus untuk melaksanakan umrah wajib.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi Abdul Azus Ahmad mengatakan jemaah lansia akan menjadi perhatian serius dari panitia dan petugas terutama dari kesehatan. "Harapannya, jemaah merasa nyaman dan kehadiran petugas memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah," tandasnya.

Topik Menarik