4 Cara Menyimpan Lontong Agar Tidak Mudah Basi Dan Berair

4 Cara Menyimpan Lontong Agar Tidak Mudah Basi Dan Berair

Travel | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 12:54
share

AKURAT.CO Lontong merupakan olahan nasi yang dimasak dengan menggunakan pembungkus daun pisang. Sebagian orang mengolah lontong dengan menggunakan campuran santan di dalamnya. Sehingga lontong memiliki rasa lebih gurih dan wangi daun pisang yang khas.

Lontong dan ketupat berbeda dari bentuk dan cara pengolahannya sehingga lontong lebih cepat basi daripada ketupat, terlebih jika cara menyimpan lontong tidak tepat.

Agar daya simpan lebih lama dan tidak mudah basi, Anda bisa melakukan beberapa cara menyimpan lontong di bawah ini.

Cara menyimpan lontong

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (31/5/2023), berikut cara menyimpan lontong agar tidak mudah basi dan berair:

1. Siram dengan air dingin

Sebelumnya menyimpan lontong, proses memasak lontong juga harus diperhatikan. Lontong harus dimasak hingga benar-benar matang, yaitu sekitar 4-5 jam.

Bila lontong sudah matang, tiriskan sebentar lalu siram menggunakan air dingin yang matang. Cara tersebut dapat membersihkan sisa uap rebusan dan lendir yang ada di daun pisang pembungkus lontong.

Lendir yang menempel bisa menyebabkan bakteri tumbuh dan lontong cepat basi, oleh karena itu harus dihilangkan

2. Buka pembungkus atau daun pisang

Anda bisa membuka pembungkus daun pisang pada lontong dan pindahkan lontong ke dalam wadah terpisah untuk disimpan. Cara ini dapat menghindari bakteri tumbuh pada permukaan lontong dan membuatnya berlendir.

3. Gunakan wadah kedap udara

Perhatikan wadah untuk menyimpan lontong gunakan wadah kedap udara. Anda bisa menyimpan lontong dengan kondisi utuh atau dipotong kecil-kecil.

Dengan menyimpan lontong di wadah kedap udara, lontong akan tetap kenyal, kering serta tidak berlendir. Selain itu, lontong tidak akan terkontaminasi oleh makanan lain di dalam kulkas.

4. Simpan di kulkas

Simpan lontong di kulkas bukan freezer. Jika lontong disimpan pada freezer justru akan membuat teksturnya rusak, lembek dan berair saat dikeluarkan.

Lontong yang disimpan di kulkas dapat tahan selama satu minggu. Jika ingin memakan lontong yang sudah disimpan dalam kulkas, Anda bisa mengukusnya sebentar.

Itulah cara menyimpan lontong agar tidak mudah basi, sisa lontong tetap bisa dimakan dan tidak mubazir. Semoga bermanfaat![]

Topik Menarik