Perjalanan Biksu Thudong Sampai Magelang, Singgah di Kelenteng Liong Hok Bio

Perjalanan Biksu Thudong Sampai Magelang, Singgah di Kelenteng Liong Hok Bio

Travel | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 23:56
share

MAGELANG, iNews.id Sebanyak 33 biksu thudong yang akan ke Candi Borobudur tiba di Kota Magelang, Selasa (30/5/2023) sore. Mereka akan merayakan Waisak pada 4 Juni 2023.

Rombongan biksu thudong yang berjalan dari Thailand tiba di Kota Magelang untuk singgah di Kelenteng Liong Hok Bio. Kedatangan rombongan disambut meriah oleh warga.

Salah satu biksu thudong, Wawan Kantadhammo mengaku mempunyai cerita berkesan dan menyentuh hati selama perjalanan dari Thailand hingga masuk Kota Magelang.

Salah satunya adalah ketika satu biksu thudong mengalami kecelakaan di Malaysia dan dipulangkan ke Thailand akibat luka di kaki.

Setelah membaik, selanjutnya kembali menyusul rombongan ke Magelang. Meski tidak ikut berjalan, namun tetap mendampingi rombongan.

Sehingga kini total lengkap 35 orang bisa sampai ke Borobudur, terdiri atas 33 biksu dan 2 umat, kata biksu Wawan Kantadhammo.

Salah satu warga Puspawati mengaku salut atas kegigihan para biksu thudong yang melakukan perjalanan ribuan kilometer untuk ke Borobudur dengan berjalan kaki dari beberapa negara.

Rencananya, para biksu thudong akan mengikuti ritual pindapata di Kota Magelang, Rabu (31/5/2023). Selanjutnya pada 1 Juni tiba Candi Borobudur untuk mengikuti rangkaian Waisak.

Topik Menarik