Warga Jateng Sambut 32 Biksu Thudong, Ganjar: Cerminan Keramahan Indonesia

Warga Jateng Sambut 32 Biksu Thudong, Ganjar: Cerminan Keramahan Indonesia

Travel | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 13:18
share

SEMARANG, NETRALNEWS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, antusiasme warga Jateng menyambut 32 biksu yang sedang melakukan ritual Thudong atau berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur, merupakan cermin keramahan Indonesia.

Hari ini mereka istirahat di musala, dan betapa sebenarnya cerminan yang sangat bagus ya masyarakat membantu, menyambut para biksu dari Thailand ini yang sudah berjalan sangat-sangat jauh, kata Ganjar usai menyempatkan diri menyapa para biksu Kabupaten Semarang, Selasa (30/5/2023).

Ia berharap, suasana dan keramahan yang ditunjukkan masyarakat Jateng di beberapa daerah itu memberikan kenyamanan bagi para biksu hingga selesai menjalani ritual Thudong di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sebentar lagi mereka akan sampai di Borobudur, untuk memulai prosesi-prosesi ritual keagamaan. Ya tentu kita menyambut dengan senang tamu-tamu kita, mudah-mudahan ini cerminan keramahan Indonesia terhadap siapapun, ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Gubernur Jateng dua periode itu mengatakan, sejak beberapa hari suasana toleransi tercermin saat masyarakat menyambut kehadiran biksu Thudong, terutama ketika mereka melintasi atau bermalam di daerahnya.

Mereka sudah hampir sampai di Borobudur, mereka jalan kurang lebih 1.300 kilometer. Tentu saja sambutan masyarakat sangat bagus sekali, kata Ganjar.

Saat menyapa para biksu di tengah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Magelang tersebut, Ganjar sempat berbincang dengan perwakilan mereka menggunakan Bahasa Inggris.

Topik Menarik