Menag Yaqut Akan Lepas Keberangkatan 336 Jemaah Calon Haji di Bandara Kertajati

Menag Yaqut Akan Lepas Keberangkatan 336 Jemaah Calon Haji di Bandara Kertajati

Travel | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 20:30
share

MAJALENGKA, iNews.id Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan melepas keberangkatan ratusan jemaah calon haji asal Kabupaten Majalengka lewat Bandara Internasional Jawa barat (BIJB) Kertajati, Minggu (28/5/2023) malam.

Bandara terbesar di Jawa Barat yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 24 Mei 2018 itu mulai , Minggu (28/5/2023) malam difungsikan untuk pemberangkatan jemaah haji.

Menurut jadwal, jamaah haji kloter 1 KJT akan bertolak ke Saudi dengan menumpang pesawat Saudia Airlines pada pukul 22.20 WIB dengan nomor penerbangan SV 5025. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan melepas langsung keberangkatan jamaah malam ini.

Jamaah kloter 1 KJT ini masuk dalam gelombang satu, sehingga akan mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Penerbangan ini sangatlah bersejarah karena bandara baru ini perdana untuk digunakan pemberangkatan dan pemulangan haji, ujar Kabiro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin.

Dari pantauan di lapangan, iring-iringan bus yang membawa jemaah Majalengka tiba pada pukul 17.30 WIB.Setelah tiba di pintu masuk, jemaah mendapat sambutan hangat dari petugas bandara, Kementerian Agama dan instansi terkait. Total ada 366 jamaah haji yang masuk dalam kloter 1 Embarkasi Kertajati (KJT) tersebut.

Salah satu Jemaah, Muhammad Sopii tampak begitu senang ketika ditemui jelang menunaikan salat magrib di area ruang tunggu pesawat. Dia mengaku bahagia karena akhirnya bisa berangkat haji melalui bandara yang sangat dekat dari daerahnya.

Senang sekali karena ini adalah sangat bersejarah. Sebagai warga Majalengka saya sangat senang sekaligus bangga. Semoga bandara baru ini terus terpakai dan bermanfaat, ujar Sopii yang berangkat bersama istri tercintanya.

Aura kebahagiaan juga tampak di wajah Nila Nur Azizah. Jamaah haji berusia 23 tahun ini langsung menuju mushala usai melewati pintu pemeriksaan terakhir di dalam bandara. Selain lega karena akhirnya berangkat haji setelah 11 tahun menanti, Nila juga senang tak perlu jauh untuk naik pesawat terbang menuju Tanah Suci.

Enak karena gak lelah. Kemarin magrib sampai asrama haji dan sekarang sudah akan terbang, ujarnya.

Topik Menarik