Menengok Kampung Bapkia Jogja, Pusatnya Oleh-Oleh Lengendaris

Menengok Kampung Bapkia Jogja, Pusatnya Oleh-Oleh Lengendaris

Travel | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 07:21
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Bakpia merupakan salah satu kuliner khas yang terkenal di Yogyakarta selain gudeg. Kampung bakpia di Jogja ada di Patuk. Kampung ini menjadi pusatnya oleh-oleh legendaris asal Yogyakarta.

Bakpia adalah kue berbentuk bulat pipih yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian kacang hijau tumbuk yang dicampuri gula. Makanan yang satu ini sangat legendaris dan mudah ditemukan di pusat-pusat wisata kuliner.

Salah satu bakpia terkenal di Jogja adalah Bakpia Pathuk dan Bakpia 25. Tapi tahukah kamu, nama Bakpia Pathuk ternyata diambil dari sebuah kampung yang ada di Kalurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta. Kampung Pathuk menjadi pusat pembuatan bakpia yang sangat legendaris.

Kampung Bakpia Jogja

Bakpia sebetulnya makanan yang awalnya berasal dari China, kue ini bernama Tou Luk Pia yang artinya kue Pia alias kue kacang hijau. Bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk pada tahun 1980-an dan mulai berkembang hingga sekarang. Kala itu, bakpia hanya dijual secara eceran dengan bungkus anyaman bambu (besek). Pathuk pun terkenal menjadi kampung bakpia Jogja.

Masa kejayaan bakpia dimulai pada tahun 1990-an, mengikuti perkembangan wisatawan yang datang ke Jogja. Hal ini diikuti dengan bertambahnya rumah-rumah produksi di kampung Pathuk. Untuk memudahkan pembeli mengingatnya, produsen bakpia menamai merek mereka berdasarkan urutan nomor rumah.

Sampai sekarang, produksi rumah bakpia tersebar di 4 RW, di antaranya RW 004, RW 005, RW 007 dan RW 008. Di antaranya yang terkenal adalah Bakpia 25 dan Bakpia 75.

Bakpia saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Varian rasa bakpia bukan hanya kacang hijau saja, melainkan ada beberapa varian rasa yang lain seperti rasa keju, coklat, green tea dan masih banyak lagi.

Di kampung Pathuk ini, harga bakpia dijual lebih murah dari pusat oleh-oleh yang ada di lokasi wisata. Jika di pusat oleh-oleh harga bakpia dijual Rp35.000 sampai Rp45.000 per kotak berisi 15-20 biji. Namun di kampung Pathuk ini harga bakpia dijual lebih murah antara Rp25.000 sampai Rp35.000 per kotaknya.

Selain berbelanja, kamu juga bisa sekalian berwisata melihat proses produksi bakpia, serta membeli bakpia fresh.

Nah, kampung Pathuk ini bisa menjadi referensi tempat buat kamu yang memiliki rencana berlibur di Yogyakarta. Selain kampung bakpia, di Jogja juga ada kampung batik di Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Topik Menarik