Amran Sulaiman: Saya Ingin Ada Lagi Pengusaha Sukses yang Lahir di Indonesia Timur

Amran Sulaiman: Saya Ingin Ada Lagi Pengusaha Sukses yang Lahir di Indonesia Timur

Travel | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 06:59
share

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR Mantan Menteri Pertanian sekaligus Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Andi Amran Sulaiman kembali berbagi inspirasi bisnis di hadapan 2.045 mahasiswa dan 155 dosen Universitas Hasanuddin Makassar, dalam kegiatan Inspiring Lecture, Jumat 5 Mei 2023.

Inspiring Lecture ini merupakan rangkaian kegiatan Unhas Entrepreneur Camp (UEC), yang merupakan salah satu kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diselenggarakan Pokja Prestasi dan Kewirausahaan Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir.

Andi Amran Sulaiman banyak memberikan pesan-pesan penting kepada mahasiswa. Ia menekankan bahwa modal utama kesuksesan bukan uang, tetapi yang terpentingnya adalah kemauan dan yang keras dan karakter yang kuat.

Sukses hadir dari kemauan yang keras dan karakter yang bagus, itu yang akan mencetak uang. Jadi karakter, mimpi besar, ubah mindset, action, lalu konsisten, tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Amran Sulaiman juga menceritakan perjuangannya yang tidak mudah saat menjadi mahasiswa dan merintis usahanya.

Kami dulu jual ikan, jual beras dan bahkan tidur di masjid. Kalau mau sukses hari ini, harus berkeringat dulu, kalau mau gagal silakan hura-hura, tambahnya.

Selain pentingnya tekad yang kuat dalam berwirausaha, Amran Sulaiman juga menekankan bahwa jangan menjadi manusia yang biasa-biasa saja dan selalu berpikir out of the box.

Di samping memberikan inspirasi melalui pengalaman hidupnya, alumni Fakultas Pertanian Unhas ini juga berinteraksi langsung dengan sejumlah mahasiswa yang sudah memulai bisnis di bangku kuliah. Ia juga menyampaikan bahwa dirinya bersedia menjadi mentor dan membuka ruang diskusi kepada mahasiswa Unhas yang ingin serius berwirausaha.

Seratus atau dua ratus mahasiswa yang serius, saya menyediakan ruang diskusi gratis. Saya ingin ada pengusaha sukses yang lahir di Indonesia Timur, ujarnya.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. drg. muhammad Ruslin M.Kes., Ph.D,. Sp.BM(K).

Prof. Ruslin menyampaikan sosok Amran Sulaiman merupakan salah satu alumni Unhas yang sangat menginspirasi.

Beliau pengusaha sukses dengan perusahaan Tiran Group, semoga kehadirannya dapat menginspirasi kita semua, khususnya menginspirasi mahasiswa yang hadir, ujar Prof. Ruslin.

Pada kesempatan ini juga hadir alumni Unhas, Andi Zulkarnain yang merupakan Sekretaris Duta Besar Indonesia di Kazakhstan dan Tajikistan.

Alumni Fakultas Ekonomi ini berbagi hal-hal menarik dan pengalamannya sejak menjadi mahasiswa hingga bekerja di kedutaan. Ia juga menyampaikan peluang-peluang kerja sama di Kazakhstan dan Tajikistan. (dra/fajar)