Barat Jadi Ancaman Besar, Punawirawan Laksamana Minta Turki Keluar dari NATO

Barat Jadi Ancaman Besar, Punawirawan Laksamana Minta Turki Keluar dari NATO

Travel | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 10:36
share

TURKI Pensiunan laksamana Turki Cem Gurdeniz mendesak Ankara untuk segera meninggalkan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) karena dia mengklaim bahwa Barat merupakan ancaman yang lebih besar bagi Turki.

"Barat menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi Turkiye, dengan mempertimbangkan dukungannya untuk upaya menciptakan negara separatis Kurdi," kata Laksamana Cem Gurdeniz dalam sebuah wawancara, dikutip Sputnik.

Gurdeniz kemudian merujuk pada awal perang klandestin dan menyatakan bahwa selama konflik dan bahkan belakangan ini, Barat tidak mendukung Turkye dalam masalah tersebut. Konflik yang sedang berlangsung adalah antara pemerintah Turki dan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang diciptakan sebagai organisasi teroris oleh Ankara pada 1984.

Pensiunan laksamana menjelaskan bahwa baik NATO maupun Uni Eropa (UE) tidak mendukung Turki selama konflik.

"Berapa ribu orang telah tewas di tenggara Turkiye sejak 1984, berapa banyak masalah yang dimiliki Turkiye di daerah lain, tetapi kami tidak menerima dukungan apa pun dari NATO atau UE," tegasnya. Gurdeniz juga mengklaim bahwa NATO mungkin menyeret Ankara ke dalam konflik melalui krisis Ukraina.

Dia juga menyebut kepala NATO Jens Stoltenberg sebagai "boneka Amerika" dan itulah sebabnya dia bergegas untuk mengakui Ukraina ke NATO.

Gurdeniz juga menuduh Amerika Serikat (AS) dan Inggris "menggunakan" Ankara sejak 1945. Pensiunan laksamana bersikeras bahwa negara harus menyingkirkan "ketergantungan Anglo-Saxon" dengan biaya berapa pun yang masuk akal. Laksamana memprakarsai bahwa Turki harus membentuk geopolitik aliansi dengan Rusia, China, dan India dan fokus pada pengembangan kontak yang lebih dekat dengan negara-negara BRICS lainnya.

Seperti diketahui, Turki menjadi anggota Aliansi Internasional pada 1952 di tengah Perang Dingin. Namun, dinamika dalam organisasi telah berubah sejak dimulainya perang Rusia-Ukraina.

Ketika negara-negara Barat dalam organisasi itu dengan keras mengkritik operasi militer Moskow di negara itu, Turki berusaha menjauhkan diri dari perang.

Hal-hal antara aliansi dan Ankara menjadi rumit ketika negara-negara Nordik seperti Finlandia dan Swedia melamar menjadi anggota aliansi. Saat sebagian besar negara anggota meratifikasi permohonan mereka, Turki dan Hungaria kesulitan untuk bergabung. Namun, di tengah semua kekacauan itu, Laksamana pensiunan menyarankan bahwa masalah internal-lah yang harus menjadi alasan di balik langkah tersebut.

Topik Menarik