Gunung Merapi Muntahkan 17 Kali Guguran Lava Pijar Sepanjang Pagi Ini

Gunung Merapi Muntahkan 17 Kali Guguran Lava Pijar Sepanjang Pagi Ini

Travel | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 08:36
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Aktivitas Gunung Merapi sepanjang hari ini terpantau cukup aktif. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat terjadi 17 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur mencapai 1,7 kilometer ke arah barat daya.

Teramati guguran lava pijar sebanyak 15 kali ke arah barat daya atau Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1.700 meter sepanjang dini hari hingga pagi ini, kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso, Selasa (2/5/2023).

Secara umum kondisi cuaca berawan dan cerah. Angin bertiup tenang ke arah timur. Suhu udara 18-21 derajat Celsius dengan kelembaban udara 74-90 persen dan tekanan udara 871,8-948,6 mmHg.

Gunung terlihat jekas dengan asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah. Gempa guguran tercatat 36 kalidengan amplitudo 3-22 mm durasi 21,04-143,32 detik. Gempa hybrid atau fase sekali dengan amplitudo 7 mm, S-P 0,4 detik durasi 6,44 detik.

Gunung Merapi tetap di level III atau siaga, katanya.

BPPTKG merekomendasi adanya potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Selain itu juga untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.