Pascalebaran, 160 Petugas Dikerahkan Bersihkan 20 Ton Sampah di Bangka Barat

Pascalebaran, 160 Petugas Dikerahkan Bersihkan 20 Ton Sampah di Bangka Barat

Travel | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 15:25
share

BANGKA BARAT, iNews.id - Sebanyak 160 orang petugas kebersihan dikerahkan untuk membereskan tumpukan sampah rumah tangga di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jumlah produksi sampah di daerah itu mencapai 20 ton per hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat, Syafriadi Chandra mengatakan jumlah sampah pascalebaran Idul Fitri 2023 ini tidak ada peningkatan, atau relatif masih sama dengan jumlah produksi sampah harian.

Sampah di Kecamatan Muntok, tiap hari sekitar 20 ton. Itu sudah bisa ditangani tujuh unit mobil truk, 20 unit motor dan 160 orang pasukan kuning (petugas kebersihan). Jadi sampai saat ini aman dan terkendali, kata Syafriadi Chandra, Kamis (27/4/2023).

Chandra menambahkan, pihaknya sudah memberitahu masyarakat agar saat hari raya meletakkan sampah pada tempat yang sudah disediakan, sehingga petugas mudah mengambilnya.

Kalau pascalebaran tidak ada peningkatan sampah, karena kami sebelumnya sudah menyosialisasikan ke warga agar meletakkan sampah di belakang rumah. Sebab, petugas pada saat (hari lebaran) itu tidak bekerja, ucapnya.

Kendati tak ada peningkatan jumlah sampah usai lebaran, Chandra mengimbau masyarakat jangan membuang sampah sembarangan agar tercipta lingkungan yang bersih.

Kami minta masyarakat saling mendukung, sebab kami tidak bisa bekerja sendiri untuk menangani sampah ini. Sehingga lingkungan tetap bersih, tuturnya.

Topik Menarik