4 Tokoh yang Dijadikan Nama Tempat Wisata, Ada Taman Ismail Marzuki

4 Tokoh yang Dijadikan Nama Tempat Wisata, Ada Taman Ismail Marzuki

Travel | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 07:15
share

INDONESIA memiliki pahlawan dan tokoh nasional yang memiliki jasa besar dalam memperjuangkan maupun mempertahankan kemerdekaan. Karena jasa-jasanya, kerap kali nama mereka diabadikan menjadi nama jalan, nama gedung, atau tempat lainnya termasuk tempat wisata.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk terus mengenang jasanya.

Berikut tempat wisata yang menggunakan nama pahlawan atau tokoh Indonesia.

1. Pantai Kartini di Jepara

Pantai Kartini terletak di kota asal R.A Kartini yakni Jepara, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan sarana wisata bahari sekaligus edukasi yang ditunjang dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Salah satu spot andalan yang mengundang daya tarik tempat ini adalah keberadaan Kura-kura Ocean Park. Diberi nama Pantai Kartini karena tempat ini merupakan area bermain beliau bersama saudara-saudaranya saat masa kecil.

2. Taman Ismail Marzuki di Jakarta

Taman yang berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan pusat kesenian yang berdampingan dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Planetarium. Penamaan taman ini mengambil nama dari pahlawan nasional asal Betawi yakni Ismail Marzuki. Taman Ismail Marzuki merupakan bentuk penghargaan untuk Ismail Marzuki karena telah berjasa menciptakan lebih dari 200 lagu, beberapa di antaranya dijadikan lagu wajib nasional.

3. Kebun Raya Megawati Soekarnoputri

Kebun ini dapat ditemui di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utama dan menggunakan nama dari sosok Presiden Ke-5 Indonesia yakni Megawati Soekarnoputri. Sebelum dijadikan kebun raya, lahan yang digunakan merupakan bekas kawasan tambang PT Newmont Minahasa Raya (NMR) seluas 221 hektare. Pembangunan kebun raya ini terdiri dari empat zona yakni zona penerima, zona pengelola, zona rekreasi, dan zona pengoleksi.

4. Taman Hutan Raya Bukit Soeharto

Dinamakan Bukit Soeharto lantaran Presiden ke-2 Indonesia itu dikabarkan pernah melakukan perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda melalui bukit tersebut. Pada tahun 2004, bukit yang berada di Kalimantan Timur ini menjadi Taman Hutan Raya seluas 61.850 hektare. Kawasan ini dipenuhi berbagai jenis flora dan fauna. Jenis fauna yang ada di dalamnya sendiri seperti beruang madu, macan dahan, landak dan orang utan.

(Syaula Aida Rizqiyah - Litbang MPI)

Topik Menarik