Pernyataan Tegas Diego Michiels, Minta Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster Tanggung Jawab jika Indonesia Dibanned FIFA

Pernyataan Tegas Diego Michiels, Minta Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster Tanggung Jawab jika Indonesia Dibanned FIFA

Travel | BuddyKu | Jum'at, 31 Maret 2023 - 07:21
share

PERNYATAAN tegas Diego Michiels , minta Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster tanggung jawab jika Indonesia dibanned FIFA akan dibahas di sini. Sepakbola Tanah Air terancam mendapatkan sejumlah sanksi, termasuk dibekukan FIFA usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 .

Seperti diketahui, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kepastian itu diumumkan pada Rabu 29 Maret 2023 malam WIB.

IG Diego Michiels

FIFA tidak menjelaskan secara pasti, alasan utama mereka mencopot status tuan rumah Indonesia. Diduga, salah satu penyebabnya adalah penolakan keras terhadap keikutsertaan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Penolakan tersebut datang dari sejumlah masyarakat hingga pejabat publik. Adapun pejabat publik yang menolak kedatangan Israel adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Ganjar Pranowo dan Wayan Koster menolak keras dan lantang membiarkan Timnas Israel U-20 bermain di wilayah mereka. Sebagai informasi, kedua tokoh itu merupakan pemimpin dari wilayah yang awalnya akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 yakni Stadion Manahan Solo (Jawa Tengah) dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Setelah hal itu memanas, FIFA resmi membatalkan status tuan rumah Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Bukan hanya itu, FIFA menyatakan bahwa sepakbola Indonesia kemungkinan akan mendapatkan sanksi.

"Potensi sanksi untuk PSSI juga akan diputuskan pada tahap selanjutnya," bunyi keterangan resmi dari FIFA.

Kabar tersebut jelas menjadi pukulan yang amat telak untuk sepakbola Indonesia. Akan tetapi, FIFA belum menyebutkan secara pasti hukuman apa yang bakal diterima PSSI dan sepakbola Indonesia.

Menanggapi hal itu, Diego Michiels memberikan pernyataan tegas terhadap sikap Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster yang menolak keras Timnas Israel U-20. Bek Borneo FC itu meminta kedua tokoh tersebut bertanggung jawab jika PSSI dan sepakbola Indonesia dibanned FIFA.

Piala Dunia U-20 2023

Terimakasih ya boss kalian top sumpah! Jangan lupa tanggung jawab ya kalo kita dibanned lagi, tulis Diego Michiels di akun Instagram-nya, @diegomichiels24.

Diego Michiels sendiri sudah pernah merasakan pahitnya sepakbola Indonesia dibanned FIFA pada 2015-2016 silam. Sebagai informasi, sepakbola Indonesia pernah dijatuhi sanksi oleh FIFA pada 30 Mei 2015.

Saat itu, FIFA membekukan sepakbola Indonesia sebab adanya intervensi pemerintah ke dalam internal PSSI. Dampaknya, Timnas Indonesia tak bisa mengikuti pertandingan internasional dan kompetisi yang ada di kalender FIFA seperti Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Kualifikasi Piala Asia 2019.

Terlepas dari hal itu, FIFA diharapkan tidak membekukan sepakbola Indonesia. Untuk itu, lobi-lobi tingkat tinggi wajib dilakukan PSSI kepada FIFA agar sepakbola Indonesia tidak mati suri seperti pada 2015-2016 akibat hukuman dari FIFA.

Topik Menarik