Dulu Dikenal Sebagai Perkantoran, Ini Perjalanan Menara Saidah hingga Akhirnya Terbengkalai

Dulu Dikenal Sebagai Perkantoran, Ini Perjalanan Menara Saidah hingga Akhirnya Terbengkalai

Travel | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 05:13
share

JAKARTA Dahulu kala, nama Menara Saidah terkenal sebagai gedung perkantoran yang mewah dan menakjubkan. Namun seiring perjalanan waktu, Menara Saidah yang terletak di Jalan MT Haryono, Jakarta, terbengkalai dan ditinggalkan penghuninya.

Sejak saat itu, banyak beredar informasi tentang Menara Saidah. Gedung itu kembali viral setelah tertangkap kamera terlihat menyala merah.

Banyak cerita di masyarakat tentang gedung tersebut. Bukan hanya dari sejarahnya, namun juga dari beragam kisah mistis yang bikin bulu kuduk merinding.

Mengutip Wikipedia, gedung itu dulunya pernah berfungsi sebagai pusat perkantoran dengan nama Menara Drassindo.

Namanya berubah seusai dengan nama pemiliknya, yakni Saidah Abu Bakar Ibrahim. Gedung ini dibangun pada 1995 hingga 1997 oleh PT Hutama Karya dan menjadi gedung tinggi pertama yang dibangun kontraktor tersebut. Biaya pembangunan gedung ini mencapai Rp100 miliar pada masa itu. Gedung memiliki 24 lantai, 2 basement, dan 2 semi basement.

Menurut berbagai sumber, saat awal gedung belum dibangun, gedung itu dimiliki PT Mustika Ratu atas nama Mooryati Soedibyo. Kemudian, pada 1995, kepemilikan gedung dilelang dan dimenangkan anak kelima keluarga Saidah Abu Bakar Ibrahim, sehingga berpindah tangan kepemilikannya ke anak bungsunya, Fahmi Darmawansyah.

Topik Menarik