Ketika Sultan HB IX Tolak Ajakan Belanda ke Australia saat Penjajah Jepang Datang

Ketika Sultan HB IX Tolak Ajakan Belanda ke Australia saat Penjajah Jepang Datang

Travel | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 04:25
share

PADA 6 DESEMBER 1941 , Belanda mengumumkan perang kepada Jepang. Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Jenderal Belanda W.L Tjarda.

Atas kejadian ini, Belanda membuat beberapa strategi yang akan dipakai jika Jepang berhasil masuk ke Indonesia. Salah satu strategi Belanda adalah apabila Jepang datang menyerang, empat kepala kerajaan di Jawa Tegah, termasuk Sultan Hamengku Buwono IX harus ikut dengan Belanda ke Australia.

Strategi tersebut langsung ditolak oleh Sultan Hamengku Buwono IX. Sultan Hamengku Buwono IX waktu itu berkata "Apa pun yang akan terjadi, saya tak akan meninggalkan Yogya. Justru bila bahaya memuncak, saya wajib berada di tempat demi keselamatan Keraton dan rakyat."

Peristiwa yang terus menerus berdatangan membuat Belanda tidak bisa melaksanakan strategi yang telah disusun. Pada 1 Maret 1942 Jepang berhasil mendarat di berbagai tempat yang ada di pulau Jawa. Kemudian pada 5 Maret, kota Yogya berhasil diduduki oleh Jepang.

Jepang kemudian menduduki kota Bandung pada 8 Maret. Keberhasilan Jepang merebut berbagai kota di Indonesia membuat Belanda menyerah tanpa syarat kepada pihak Jepang.

Topik Menarik