Bentak Pecalang dan Dirikan Kemah saat Nyepi, 2 Bule Polandia Diusir dari Bali

Bentak Pecalang dan Dirikan Kemah saat Nyepi, 2 Bule Polandia Diusir dari Bali

Travel | BuddyKu | Sabtu, 25 Maret 2023 - 13:35
share

DENPASAR, iNews.id - Imigrasi Bali mengusir dua warga negara asing (WNA) Polandia. Keduanya membuat onar saat Hari Raya Nyepi dan melakukan pelanggaran imigrasi.

Kedua bule Polandia itu adalah Karol Gabinski (40) dan Barbara Karina Walczak (25). Deportasi terhadap dua WNA Polandia itu dilakukan Sabtu (25/3/2023).

Keduanya diterbangkan dengan pesawat Air Azia QZ-7517 dari Bandara Ngurah Rai tujuan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Selanjutnya mereka akan dipulangkan ke negaranya dengan pesawat Etihad Airways EY-475.

Perjalanan menumpang Etihad Airways EY-475 transit di Abu Dhabi lalu ke Polandia negaranya, kata Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Denpasar, Iqbal Rifai.

Sebelum proses deportasi, kedua bule tersebut sempat diperiksa di kantor imigrasi Denpasar terkait pelanggaran saat Hari Raya Nyepi.

Yang bersangkutan tahu ada Nyepi di Bali dan paham apa yang menjadi ketentuan saat Nyepi, kata Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali.

Diketahui kedua bule itu adalah bacpacker yang berpindah-pindah tempat di Bali. Mereka nekat berkeliaran saat Hari Raya Nyepi dan mendirikan kemah di Pantai Purnama di Desa Adat, Sukawati, Kabupaten Gianyar pada Rabu (22/3/2023).

Pecalang atau petugas keamanan adat mendatangi mereka dan menjelaskan tentang aturan Hari Raya Nyepi. Namun salah satu dari mereka tak terima dan membentak pecalang.

Keduanya kemudian dilaporkan ke Polsek Sukawati dan selanjutnya diserahkan ke kantor imigrasi Denpasar.