5 Jenis Kurma yang Sering Dijumpai Saat Ramadhan, Salah Satunya Kurma Ajwa

5 Jenis Kurma yang Sering Dijumpai Saat Ramadhan, Salah Satunya Kurma Ajwa

Travel | BuddyKu | Kamis, 23 Maret 2023 - 11:14
share

KURMA menjadi salah satu makanan berbuka puasa yang sangat populer, dan identik dengan bulan Suci Ramadhan. Buah satu ini rasanya manis, dagingnya kenyal dan lembut.

Menyantap kurma dengan jumlah ganjil juga disunnahkan oleh Rasulullah SAW, dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Saad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

Artinya: Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.

Buah kurma sendiri memiliki manfaat lho, untuk kesehatan tubuh Anda. Dikutip dari buku \'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik\' karya Ramadhani dkk, kurma bisa membantu membunuh atau mengurangi jumlah cacing dalam tubuh jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

Tahukah Anda, bahwa kurma yang sering dijumpai tak semuanya sama? Tak lain ada beberapa jenis kurma, di mana daerah asalnya pun berbeda-beda.

Dikutip dari channel YouTube iTz Dzikry, berikut ini lima jenis kurma yang umum ditemui.

kurma

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa disebut-sebut sebagai kurma Nabi, karena dahulu sering dikonsumsi Nabi Muhammad Shallallahu\'alaihi Wasalla. Rasanya mirip dengan kismis, yakni tidak terlalu manis.

Kurma ini juga dianggap sangat spesial, karena dipercaya memiliki keistimewaan sebagai buah favorit Rasulullah. Harga perkilonya yaitu kisaran Rp60 ribu sampai Rp175 ribu.

2. Kurma Mazafati

Kurma yang dijuluki bam ini tumbuh subur di wilayah Kerman, Iran. Warnanya gelap dan berukuran sedang rasanya cenderung manis, serta menyegarkan.

Harga kurma mazafati ini kisaran Rp40 ribu hingga Rp60 ribu perkilogramnya.

3. Kurma Halawi

Selanjutnya ada kurma halawi. Berasal dari Arab Saudi, banyak dikonsumsi untuk berbuka puasa. Memiliki rasa yang sangat manis, serta dengan ukurannya yang kecil dan bertekstur lembut.

Harga kurma halawi ini dibanderol kisaran Rp25 ribu hingga Rp75 ribu perkilonya.

4. Kurma Amer Hajj

Kurma ini di cukup populer di Irak. Serta sering dijadikan hidangan bagi para tamu. kurma Amer Haji kerap disebut dengan the visitor\'s date.

Rasanya manis dengan daging tebal dan lembut kulitnya pun tipis. Kurma Amer Hajj dibanderol Rp75 ribu hingga Rp150 ribu.

5. Kurma Sekki

Buah kurma yang satu ini sebagai alternatif lain bagi Anda yang tidak suka rasa manis. Warnanya kuning di bagian atas, dan cokelat di bagian bawahnya.

Tekstur buah kurma sekki agak keras, tetapi daging buahnya empuk saat dimakan. Harga perkilonya yaitu Rp60 ribu sampai Rp175 ribu.

Topik Menarik