Kisah Kecantikan Ratu Malang, Bikin Penguasa Mataram Kalap hingga Hukum Mati 43 Selir

Kisah Kecantikan Ratu Malang, Bikin Penguasa Mataram Kalap hingga Hukum Mati 43 Selir

Travel | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 06:22
share

SURABAYA, iNews.id - Kecantikan Ratu Malang membuat penguasa Mataram Sultan Amangkurat I kepincut. Lewat kekuasaan yang dimiliki dia berusaha merebut sang ratu, termasuk membunuh suaminya.

Perangai buruk Sultan Amangkurat I memang di luar nalar. Selain sering membuat konflik kekerasan dan bertindak semaunya sendiri, pemimpin satu ini juga suka perempuan.

Sejarah sejak usia muda Sultan Amangkurat I ini akrab dengan perempuan-perempuan dan gemar menidurinya. Sosoknya dikenal sebagai don juan di masa itu, yang sejak belia kerap berpetualang menggoda perempuan-perempuan di sekitar istana.

Disadur dari Tuah Bumi Mataram : Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II, salah satu dari sekian banyak perempuan yang menjadi korban Amangkurat I ini adalah Ratu Malang. Sosok Ratu Malang merupakan anak dalang wayang yang terkenal kala itu.

Sosoknya memang dilukiskan memiliki kecantikan luar biasa, tetapi telah bersuami. Ratu Malang itu menikah dengan seorang laki-laki yang juga berprofesi sebagai dalang bernama Kiai Dalem atau Ki Dalang Panjang Mas. Namun, Amangkurat I tidak peduli, ia bertekad harus mendapatkan perempuan tersebut.

Segala cara dihalalkan untuk merebut perempuan itu. Amangkurat I memerintahkan anak buahnya untuk membunuh suaminya Ratu Malang. Namun ternyata, Sang Ratu sangat mencintai dan setia dengan suaminya.

Ratu Malang tentu saja dirundung kesusahan dan sakit hati ketika suami yang ia sangat cintai dibunuh oleh Amangkurat I. Setelah sang suami meninggal, perempuan itu pun dibawa ke Keraton menjadi selir Amangkurat I.

Namun karena cintanya terhadap suaminya yang dibunuh Amangkurat I sangat besar, perempuan itu pun mengalami sakit keras dan akhirnya ikut meninggal, menyusul suaminya yang dicintainya.

Mendengar berita kematian Ratu Malang, Amangkurat I langsung marah. Dia lalu menuduh para selir kerajaan sengaja mengutus dayang-dayang meracuni Ratu Malang karena cemburu kepadanya. Atas tuduhannya ini, Amangkurat I menghukum mati 43 orang selir dan dayang, dengan cara mengasingkan mereka tanpa diberi makan.

Topik Menarik