Thailand Bubarkan Parlemen, Bersiap Gelar Pemilu pada Mei

Thailand Bubarkan Parlemen, Bersiap Gelar Pemilu pada Mei

Travel | BuddyKu | Selasa, 21 Maret 2023 - 10:11
share

BANGKOK Pemerintah Thailand membubarkan parlemennya pada Senin, (20/3/2023) untuk membuka jalan bagi pemilihan umum pada Mei. Pemungutan suara itu diprediksi akan menyalakan kembali perebutan kekuasaan yang berlangsung lama antara lembaga yang didukung militer dan gerakan politik yang telah mendominasi pemilihan untuk dua dekade.

Raja Maha Vajiralongkorn mengesahkan keputusan untuk membubarkan parlemen, menurut pengumuman di Royal Gazette pada Senin, menjelang pemilihan yang harus diadakan dalam waktu 45 hingga 60 hari.

Belum ada tanggal yang diumumkan, tetapi dua sumber yang mengetahui masalah tersebut sebelumnya pada Senin mengatakan kepada Reuters bahwa pemungutan suara akan dilakukan pada 14 Mei.

"Ini adalah pengembalian kekuasaan pengambilan keputusan politik kepada rakyat dengan cepat untuk melanjutkan pemerintahan yang demokratis dengan Raja sebagai kepala negara," demikian bunyi dekrit yang dipublikasikan pada Senin, sebagaimana dilansir Reuters .

Pemilihan secara luas mengadu keluarga miliarder Shinawatra dan sekutu bisnisnya melawan partai dan politisi yang dekat dengan saingan mereka di antara militer royalis dan konservatif.

Dengan kebijakan populis yang ditujukan untuk kelas pekerja Thailand, partai-partai yang dikendalikan oleh Shinawatra telah memenangkan setiap pemilihan sejak 2001, termasuk dua kali kemenangan telak, tetapi tiga pemerintahannya disingkirkan dalam kudeta militer atau oleh keputusan pengadilan.

Pemilihan Mei akan memilih anggota parlemen, yang bersama dengan Senat yang ditunjuk akan memilih perdana menteri pada akhir Juli, menurut garis waktu yang diberikan oleh pemerintah.

Oposisi utama Paetongtarn Shinawatra dari partai Pheu Thai adalah kandidat terdepan untuk menjadi perdana menteri dalam survei opini, dengan dukungannya melonjak 10 poin menjadi 38,2% dalam jajak pendapat yang dirilis pada akhir pekan, lebih dari dua kali dukungan dari pesaing terdekatnya.

Petahana Prayuth Chan-ocha, yang telah berkuasa sejak kudeta 2014 melawan bibi Paetongtarn, Yingluck Shinawatra, berada di urutan ketiga dalam jajak pendapat dan survei terbaru oleh National Institute of Development Administration (NIDA).

Prayuth, (68), akan terus memimpin sebagai kepala pemerintahan sementara dan diperkirakan akan mencalonkan diri lagi.

Saya senang telah membangun sesuatu yang baik, menghasilkan pendapatan untuk negara, membangun industri. Ada banyak investasi, kata Prayuth.

"Anda harus bertanya kepada orang-orang apakah mereka puas atau tidak ... Saya telah melakukan banyak hal selama bertahun-tahun."

Jajak pendapat NIDA terhadap 2.000 orang juga menunjukkan bahwa 50% responden akan memilih kandidat dari Pheu Thai.

Srettha Thavisin, seorang taipan properti dan penasihat senior Pheu Thai yang telah berkampanye bersama Paetongtarn, mengatakan pembubaran parlemen merupakan "titik balik" bagi Thailand.

"Saya ingin mengundang semua orang untuk mempelajari kebijakan, posisi, dan ideologi semua pihak untuk menemukan satu untuk Anda yang akan mewujudkan negara impian Anda, untuk memajukan bangsa dan memperbaiki kehidupan," katanya di Twitter.

Paetongtarn pada Jumat, (17/3/2023) mengatakan dia yakin akan menang telak, dengan tujuan untuk mencegah manuver politik apa pun terhadap partainya.

Topik Menarik