Xi Jinping Tiba di Moskow, Ngobrol dan Makan Malam dengan Putin

Xi Jinping Tiba di Moskow, Ngobrol dan Makan Malam dengan Putin

Travel | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 18:39
share

MOSKOW, iNews.id - Presiden China Xi Jinping tiba di Moskow, Rusia, Senin (20/3/2023) sore waktu setempat, memulai kunjungan 3 harinya. Xi berkunjung ke Rusia atas undangan Presiden Vladimir Putin yang disampaikan pada Desember lalu.

Kedua pemimpin dijadwalkan menggelar pembicaraan informal pada malam ini disusul dengan jamuan makan malam.

Pembicaraan formal Putin dan XI dijadwalkan berlangsung pada Selasa (21/3/2023).

Kunjungan Xi salah satunya bertujuan menegaskan tawaran China untuk membantu menyelesaikan krisis di Ukraina. Sementara itu Putin berharap dukungan dari sekutunya itu dalam melawan tekanan dari negara Barat.

Kita bisa merasakan lansekap geopolitik di dunia luar mengalami perubahan drastis, kata Putin, kepada surat kabar China People\'s Daily.

Dia juga memasang harapan tinggi dari kunjungan Xi yang disebutnya sebagai teman lama tersebut.

Xi juga menjadi pemimpin dunia pertama yang menjabat tangan Putin sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan pada Jumat pekan lalu.

Dalam artikel yang diterbitkan media Rusia, Rossiiskaya Gazeta, Xi menegaskan kedua negara berpegang pada konsep persahabatan abadi dan kerja sama yang saling menguntungkan. Dia juga menyebut proposal perdamaian krisis Ukraina China yang dirilis bulan lalu sudah mencerminkan pandangan global.

Masalah kompleks tidak bisa diselesaikan secara sederhana, kata Xi.

Topik Menarik