5 Pangkostrad Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia

5 Pangkostrad Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia

Travel | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 14:04
share

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa Pangkostrad termuda sepanjang sejarah Indonesia yang perlu diketahui. Kostrad merupakan akronim dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Dalam kepemimpinannya, mereka memiliki seorang Panglima yang lebih dikenal sebagai Pangkostrad. Bila dilihat dari sejarahnya, Kostrad telah dipimpin oleh banyak perwira tinggi TNI dengan latar belakang yang berbeda.

Di antaranya bahkan berhasil menyemat jabatan ini dalam usia yang terbilang relatif muda dibandingkan lainnya.

Berikut lima Pangkostrad termuda sepanjang sejarah Indonesia.

1. Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah

Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah dikenal sebagai salah satu tokoh militer di tanah air. Mengutip e-book Profil Kepala Staf Angkatan Darat Ke-1 s.d Ke-26 yang diterbitkan Dinas Sejarah Angkatan Darat, Umar lahir di Sumedang, Jawa Barat pada 10 Oktober 1924.

Dalam riwayat kemiliterannya, Umar pernah menduduki sejumlah jabatan strategis dan berhasil mencapai pangkat bintang empat (Jenderal TNI). Dari sekian banyak, salah satunya adalah Pangkostrad periode 2 Desember 1965 hingga 17 April 1967.

Berdasarkan tahun kelahirannya pada tahun 1924, Umar Wirahadikusumah menempati jabatan Panglima Kostrad saat berusia sekitar 41 tahun. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu Pangkostrad termuda sepanjang sejarah.

2. Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto

Berikutnya ada nama Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto. Presiden kedua Indonesia ini sebelumnya juga memiliki riwayat karier militer mentereng hingga mengantarkannya meraih pangkat bintang lima (Jenderal Besar). Soeharto lahir di Kemusuk, Argomulyo Godean, sebelah barat Yogyakarta pada 8 Juni 1921.

Dia menempuh pendidikan militer dasar KNIL sebelum akhirnya melanjutkan dengan Sekolah Kader Kopral pada 1940 di Gombong. Mengawali kiprah militernya sebagai Shodancho di Yogyakarta (1943), Soeharto memiliki riwayat karier cemerlang dengan sejumlah jabatan penting yang disandangnya.

Salah satu yang cukup dikenal adalah kala dirinya menjadi Panglima Kostrad pertama dalam sejarah. Dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen), Soeharto menduduki posisi ini sejak 1 Maret 1961 hingga 2 Desember 1965.

Berdasarkan pada tahun kelahirannya di 1921, Soeharto menjabat Pangkostrad saat berusia sekitar 40 tahun lebih.

3. Letjen TNI (Purn) Kemal Idris

Letnan Jenderal TNI (Purn) Kemal Idris lahir pada 10 Februari 1923. Dia merupakan Panglima Kostrad ke-3 dalam sejarahnya. Menggantikan Umar Wirahadikusumah, dia menempati jabatan tersebut pada 17 April 1967 hingga 11 Maret 1969. berdasarkan pada tahun kelahirannya di 1923, Kemal Idris menjadi Pangkostrad saat berusia kurang lebih 44 tahun.

4. Letjen TNI (Purn) Wahono

Letjen TNI (Purn) Wahono merupakan mantan Gubernur Jawa Timur yang menjabat pada periode 1983-1988. Saat masih berdinas di militer, pria kelahiran 25 Maret 1925 ini pernah menempati sejumlah posisi strategis, termasuk Pangkostrad.

Jabatan Panglima Kostrad ini diembannya pada periode 1969 hingga 1970. Berdasarkan pada tahun kelahirannya di 1925, Wahono menduduki posisi tersebut saat berusia sekitar 44 tahun.

5. Letjen TNI (Purn) Himawan Soetanto

Letjen TNI (Purn) Himawan Soetanto lahir di Magetan, Jawa Timur pada 14 September 1929. Dalam riwayat kariernya, jenderal bintang tiga ini juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad.

Jabatan tersebut diduduki pada periode 4 Mei 1974 hingga 4 Januari 1975. berdasarkan pada tahun kelahirannya di 1929, Himawan menyemat posisi Panglima Kostrad saat berusia kurang dari 45 tahun.

Topik Menarik