Pamit Melaut, Nelayan Tak Kunjung Pulang Diduga Hilang di Perairan Pulau Morotai

Pamit Melaut, Nelayan Tak Kunjung Pulang Diduga Hilang di Perairan Pulau Morotai

Travel | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 10:18
share

TERNATE, iNews.id - Nelayan bernama Nyong Amir asal Desa Induk Bere-bere, Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dinyatakan hilang. Dia tak kunjung pulang usai pamit melaut sejak Sabtu (18/3/2023).

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman, mengatakan pihaknya telah menerima laporan korban hilang saat melaut di Perairan Pulau Morotai pada Minggu (19/3/2023) sekitar pukul 06.50 WIT. Laporan besertakan ciri korban menggunakan perahu fiber berwarna putih biru dengan kaus hutam dan celana panjang abu-abu.

Kami telah menyiagakan personel SAR Morotai setelah mendapat laporan adanya nelayan hilang di Perairan Pulau Morotai, ujar Fathur, Senin (20/3/2023).

Dia mengatakan, korban pamit untuk pergi melaut pada Sabtu (18/3/2023) sekira pukul 22.00 WIT. Korban melaut menuju rumpon tempat yang sering dikunjungi untuk memancing.

Namun, kata dia, korban belum kunjung kembali. Sehingga pihak keluarga melapor ke Basarnas untuk meminta tolong pencarian terhadap korban.

Korban diketahui memakai kaus warna hitam dan celana panjang abu-abu dengan perahu fiber berwarna putih biru, kata Fathur.

Setelah laporan diterima, kata dia, pada pukul 07.00 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai digerakkan menuju ke Desa Induk Bere-Bere untuk melaksanakan koordinasi dengan pihak keluarga serta masyarakat dan akan melakukan operasi pencarian terhadap korban.

Unsur yang terlibat dalam pencarian ini adalah Tim Rescue USS Morotai, Lanal Morotai, Babinsa, Bhabinkamtibnas, keluarga korban, dan masyarakat. Sementara alat yang digunakan yaitu perahu karet, longboat, dan perahu katinting masyarakat, kata Fathur Rahman.

Topik Menarik