Prabowo Dampingi Jokowi Hadiri Peringatan Satu Abad NU

Prabowo Dampingi Jokowi Hadiri Peringatan Satu Abad NU

Travel | BuddyKu | Selasa, 7 Februari 2023 - 17:02
share

JAKARTA Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama ( NU ) di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Setibanya di GOR Sidoarjo, rombongan Presiden diiringi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, disambut oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan sejumlah tokoh PBNU lainnya.

"NU lahir yang hingga detik ini menjadi salah satu pilar persatuan dan kesatuan bangsa, merangkul kebhinekaan bangsa Indonesia dengan nafas keislaman, rahmatan lil \'alamin, kata Prabowo dalam unggahan di Twitter @prabowo.

Ia mengatakan, NU bukan hanya pergerakan kebangkitan para ulama, tetapi hadir memberikan kontribusi nyata bagi kebangkitan ekonomi, pendidikan, dan kemaslahatan umat.

Prabowo pada tweet lanjutannya mengutip kalimat dari Bung Karno, "Kalau unsur Pancasila pada alim ulama teguh dalam batin, negara kita akan menjadi negara yang paling baik di dunia," tulis Prabowo mengutip Bung Karno.

Usai acara, Prabowo sempat berbaur dengan nahdliyin yang antusias mendekat sebelum dirinya meninggalkan tempat acara.

Sementara itu, dalam amanatnya pada Selasa, Jokowi menyampaikan ungkapan tasyakur, terima kasih, dan bersyukur atas peran NU untuk bangsa dan negara, mengingat selama satu abad telah memberikan warna yang luar biasa untuk ibu pertiwi Indonesia, dalam hal keislaman kebangsaaan, persatuan dan kesatuan serta kerukunan dalam keberagaman.

Jokowi berharap lembaga pendidikan di NU agar mempersiapkan nahdliyin-nahdliyin muda yang menguasai IPTEK terbaru, teknologi digital yang berkembang pesat dan mampu menjadi profesional-profesional yang unggul. Juga merangkul dan memberi perhatian serius terhadap generasi muda agar tetap mengakar kuat terhadap tradisi maupun adab Ahlussunnah wal Jamaah.

"Semoga momentum abad ke-2 ini menjadi penanda kebangkitan baru NU, memperkokoh keislaman dan keIndonesiaan, meningkatkan kesejahteraan umat serta membangun masa depan Indonesia yang maju dan bermartabat," kata Jokowi.

(abd)

Topik Menarik