Ide Menu Spesial Akhir Pekan, Lezatnya Gulai Kacang Hijau Pakai Daging

Travel | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:40
Ide Menu Spesial Akhir Pekan, Lezatnya Gulai Kacang Hijau Pakai Daging

JAKARTA, iNews.id - Kacang hijau menjadi salah satu makanan yang kerap dijadikan bubur manis. Biasanya, kacang hijau dimasak bersama santan dan gula merah. Rasanya legit dan menggugah selera.

Tapi kali ini, Anda bisa membuat kacang hijau menjadi menu lauk nasi. Anda dapat mengolah kacang hijau menjadi gulai.

Hampir mirip dengan gulai pada umumnya yang dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah. Anda bisa memasak kacang hijau bersama daging kambing atau sapi.

Rasanya gurih dan sangat khas dengan cita rasa gulai. Penasaran dengan rasa gulai kacang hijau? Intip rangkuman resepnya seperti dikutip melalui Instagram @byviszaj, Sabtu (29/8/2020).

Bahan:

500 gr daging kambing/sapi
150 gr kacang ijo
1 bawang bombai, iris
4 cabai hijau utuh
1 sereh, geprek
2 jari kayu manis
Santan secukupnya
Air secukupnya
1,5 sdm bumbu gulai bubuk
4 tangkai daun kari
1 tomat
Garam
Gula

Bumbu Halus :

8 bawang putih
1 jari kecil kunyit
1 jempol jahe

Cara Memasak :

1. Rebus daging sampai setengah matang, ambil daging potong-potong, masukkan kacang hijau, rebus kembali sampai daging empuk. Bisa juga rebus kacang hijau terpisah, lalu setelah daging empuk masukkan jadi satu.
2. Tumis bawang bombai dan kayu manis sampai harum, lalu masukkan bumbu halus, sereh, 2 cabai hijau dan 2 daun kari. Tumis sampai matang. Lalu masukkan bumbu gulai bubuk, aduk-aduk. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci rebusan daging dan kacang ijo, aduk rata.
3. Masukkan sisa cabai hijau dan daun kari, garam, gula cek rasa. Masukkan santan aduk rata, lalu tomat. Masak sampai bumbu meresap.

Pelengkap:

Roti Maryam/Cane/Konde
Nasi Putih/ Lontong

Artikel Asli