Resep Nasi Bakar Cumi Asin Pete, Rempahnya Harum Bikin Ketagihan

Travel | inewsid | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 10:48
Resep Nasi Bakar Cumi Asin Pete, Rempahnya Harum Bikin Ketagihan

JAKARTA, iNewd.id - Nasi bakar menjadi salah satu hidangan tradisional yang suka ditemukan jika Anda travelling ke daerah Jawa Barat. Menu lezat ini identik dengan bungkusan daun pisang.

Nasi bakar hampir mirip dengan nasi liwet karena dimasak dengan berbagai macam rempah, bumbu-bumbu, dan santan. Kemudian dibungkus dengan daun pisang layaknya nasi timbel.

Karena berbumbu, nasi bakar menjadi lebih gurih walaupun disantap tanpa lauk, namun biasanya di dalamnya sudah diisi ikan teri, udang, cumi, empal, ayam filet atau daging cincang yang ditambah sambal dan daun kemangi.

Sebelum dihidangkan, bungkusan nasi plus lauk tersebut dibakar di atas bara api supaya aroma nasi dan lauknya menyatu dengan baik. Istimewanya nasi bakar ini, begitu dibuka dari bungkusnya akan tercium aroma yang menggugah selera.

Apalagi jika Anda menambahkan daun kemangi. Aroma dan kelezatannya akan membuat siapa saja ketagihan.

Kali ini, jika tertarik mencicipi nasi bakar, Anda bisa berkreasi di rumah. Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit didapat.

Anda bisa menambahkan berbagai lauk di dalam campuran nasi bakar. Salah satunya cumi asin pete yang nikmat.

Ingin tahu resep lengkap membuat nasi bakar cumi asin pete? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @banususanto, Sabtu (29/8/2020).

Bahan Nasi:

350 gr beras
1 sachet santan instan (65 cc)
1 batang serai, digeprak
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 sdt garam
Air secukupnya

Bahan Isi:

250 gr cumi asin, rendam air panas sebentar, tiriskan
1 genggam pete
1 genggam kemangi
2 batang serai, digeprak
5 lembar daun jeruk
3 cm jahe, digeprak
3 cm lengkuas, digeprak
100 cc air
Minyak untuk menumis
Bumbu seasoning:
Garam, gula, dan lada halus secukupnya

Bumbu diuleg kasar:

12 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabai merah besar
50 cabai rawit merah

Cara Memasak:

1. Masukkan beras, santan instan, garam, serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam magic com. Aduk rata. Tambahkan air secukupnya sesuai takaran magic com masing-masing. Masak hingga nasi matang.
2. Bahan isi: tumis bumbu uleg, serai, daun jeruk, jahe, dan lengkuas hingga matang. Masukkan air, cumi asin, dan pete. Tambahkan garam, gula, dan lada halus. Masak hingga bumbu tercampur rata dan air mulai mengering. Matikan api, tambahkan kemangi dan aduk-aduk sebentar hingga kemangi layu. Sisihkan.
3. Taruh 1 centong nasi di atas daun pisang. Susun bahan isi secukupnya di atas nasi. Bungkus nasi dengan cara menggulung daun pisang dan disemat di kedua ujungnya.

Artikel Asli