Cuma Jawab Pertanyaan, Abu Nawas Bisa Naik Takhta Gantikan Raja

Cuma Jawab Pertanyaan, Abu Nawas Bisa Naik Takhta Gantikan Raja

Travel | BuddyKu | Sabtu, 4 Februari 2023 - 06:13
share

CERITA lucu Abu Nawas ini bermula saat seluruh menteri dan orang-orang penting di dalam negeri datang ke istana. Baginda Raja memerhatikan bahwa Abu Nawas tidak datang. Ia pun mengutus para pengawal memanggilnya.

Segera Abu Nawas datang ke istana. Saat itu dia tahu bahwa Baginda Raja menjadi kesal kepadanya. Dia tidak berani menatap wajah Baginda Raja.

"Abu Nawas, kenapa kau tidak datang untuk melihatku hari ini?" tanya Baginda Raja seperti tertulis di buku "Abu Nawas and King Aaron", dikutip dari nu.or.id .

"Hamba mohon ampun dengan sangat, Baginda Raja. Hamba punya banyak pekerjaan untuk diselesaikan," jawab Abu Nawas.

"Jadi kau pikir pekerjaanmu itu lebih penting daripada aku?" tanya balik Baginda Raja dengan sangat geram.

Abu Nawas terdiam. Kemudian Baginda Raja melanjutkan, "Aku ingin bertanya kepadamu beberapa hal. Kau harus jawab dengan benar. Kalau tidak bisa menjawab, aku akan menghukummu!"

"Pertanyaan apa saja, Baginda Raja?"

"Pertama, apa yang Tuhan kerjakan sekarang? Kedua, berapa banyak bintang di langit? Ketiga, di mana titik tengah bumi?" tanya Baginda Raja.

Abu Nawas menjawab, "Hamba mohon ampun, Baginda Raja. Hamba tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu sekaligus. Baginda Raja harus memenuhi persyaratan sebelum hamba menjawab pertanyaan-pertanyaan itu."

"Apa itu?" tanya balik Baginda Raja kepada Abu Nawas.

"Jika Baginda Raja bersedia turun takhta, hamba akan duduk di atasnya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Baginda," jelas Abu Nawas.

Baginda Raja lantas turun dari takhta. Abu Nawas pun langsung menduduki takhta itu. Kakinya menginjak tikar yang terbuat dari kulit kambing.

"Abu Nawas, jawab pertanyaanku!" perintah Baginda Raja yang berdiri kesal di lantai bawah takhta.

"Pertanyaan pertama Anda, apa yang Tuhan lakukan hari ini? Baru saja Tuhan membuat Anda turun dari takhta dan mengangkat seorang manusia awam, Abu Nawas, ke takhta negeri ini," jawabnya.

Suasana di sana menjadi hening sebelum Baginda Raja bertanya, "Bagaimana dengan pertanyaan kedua? Berapa banyak bintang di langit?"

"Baginda, jika Anda benar ingin tahu jumlah bintang di langit, biarkan hamba memberi tahu Anda," ujar Abu Nawas. Tangan kanannya mengambil tikar kulit kambing dari kakinya.

"Jumlah dari bintang-bintang sama dengan jumlah bulu di kulit kambing ini. Baginda Raja dapat menghitungnya, jika Anda tidak percaya kepada hamba."

"Siapa di dunia ini yang dapat menghitung bulu-bulu kambing?" tanya Baginda Raja sedikit kesal.

Abu Nawas menjawab cepat, "Itu persoalan yang sama terjadi pada bintang-bintang. Siapa di dunia ini yang mampu menghitung bintang-bintang? Hanya Tuhan yang tahu!"

"Baiklah. Sekarang aku ingin tahu, di mana titik tengah dari bumi. Cepat jawab!"

"Abu Nawas sekonyong-konyong merenggut tombak di sampingnya. Ia lempar tombak itu ke lantai. Tombak itu menancap di depan Baginda Raja.

"Baginda, itu merupakan titik tengah bumi, kalau Anda tidak percaya kepada, perintahkan pengawal mengukur jaraknya dari barat, timur, utara, selatan."

"Abu Nawas, siapa yang bisa mengukur jarak itu?" tanya Baginda Raja keheranan.

"Anda benar, Baginda. Hanya Tuhan yang tahu titik tengah, bukan Abu Nawas, juga bukan Baginda Raja," jawab Abu Nawas dengan tenang.

Saat mendengar jawaban itu, Baginda Raja menyadari bahwa Abu Nawas benar-benar orang yang cedas dan bijaksana. Ia jadi lebih mencintainya dibanding sebelumnya.

Allahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik