Apakah Sambal Bawang Bisa Bikin Jerawatan?

Apakah Sambal Bawang Bisa Bikin Jerawatan?

Travel | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 05:05
share

SELAMA ini banyak orang mengira kalau sambal bisa bikin jerawatan. Bagaimana dunia medis menilai kepercayaan ini, apakah benar atau hanya mitos belaka?

Dokter Sonia Wibisono punya jawabannya. Menurut dia, itu akan sangat tergantung dari sensitivitas tubuh masing-masing orang.

jerawat

"Setiap orang punya sensitivitas masing-masing. Bagi orang yang sensitif pada sambal, ya, sambal bisa bikin jerawatan," ungkap dr Sonia saat diwawancarai MNC Portal di acara launching skincare Dissy Bling by Ussy Sulistiawaty di kawasan SCBD Jakarta.

Tak hanya sambal, lanjut dr Sonia, ada juga orang yang sensitif pada kacang-kacangan, coklat, susu, atau makanan lain yang dapat memicu jerawat.

"Kayak saya, pada beberapa jenis kacang saya bisa jerawatan kalau makan dan itu bisa langsung muncul di malam hari setelah makan kacangnya di siang atau pagi," tambah dr Sonia.

Ini menandakan juga bahwa apa yang Anda konsumsi itu dapat memengaruhi kualitas kesehatan kulit.

"Makanan itu berperan dalam menentukan kesehatan kulit. Jadi, kalau mau punya kulit sehat, makan makanan yang sehat juga. Selain itu, perawatan dan skincare-an juga untuk memaksimalkan hasil," ujar dr Sonia.

Lebih lanjut, dr Sonia mengatakan bahwa sambal bukan hanya memicu jerawat pada mereka yang sensitif pada sambal, tapi bisa memengaruhi kesehatan lambung.

"Jadi, sambal bukan hanya merangsang jerawat tapi gastritis juga. Jadi, jangan makan kebanyakan, harus secukupnya," kata dr Sonia.

Topik Menarik