Kenapa Pesawat Terbang Kebanyakan Dicat Putih? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kenapa Pesawat Terbang Kebanyakan Dicat Putih? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Travel | BuddyKu | Senin, 30 Januari 2023 - 15:50
share

SETIAP maskapai memang memiliki corak dan motif pesawat tersendiri, tapi hampir semua pesawat memiliki warna dasar putih. Lantas, kenapa warna dasar pesawat putih?

Memang, ada rumor bahwa cat putih diterapkan untuk mengurangi bobotnya dari pesawat. Tapi rumor tersebut sepertinya tidak benar, yang jelas warna putih tersebut akan menjadi penghematan biaya bagi maskapai.

Pada awal penerbangan, pesawat mempertahankan warna metaliknya. Sasis krom mereka sudah menjadi ikon saat dekade awal penerbangan. Bahkan, beberapa pesawat berwarna logam masih terbang hingga saat ini.

Namun, sebuah pesawat akan mengalami serangkaian fenomena cuaca, dan logam memiliki kecenderungan korosi yang mengganggu. Jadi, cat dalam warna apapun, merupakan cara untuk melindungi bodi pesawat lebih lama.

Pesawat

Mungkin mengecat seluruh pesawat cukup mahal, namun lebih murah dalam jangka panjang dari sisi perawatan pesawat. Di tengah masalah korosi, bidang krom masih perlu dipoles, hal tersebut tentu tidak menjadi masalah apabila pesawat dicat.

Cat putih juga penting untuk panas, karena di atas garis awan pada siang hari, pesawat berada di bawah sinar matahari langsung selama berjam-jam. Dan kerap kali berada di bandara di bawah terik sinar matahari. Cat putih sendiri menyerap lebih sedikit panas, dan membuat perawat jangka panjang lebih murah, karena menjaga bagian dalam pesawat tetap dingin.

Jumlah paparan sinar matahari dan interaksi dengan elemen, pun memengaruhi cat secara berbeda. Di mana cat berwarna cenderung memudar seiring waktu, sementara hal itu tidak menjadi masalah utama untuk cat putih. Karena itu, mengecat pesawat dengan warna putih akan lebih hemat.

Cat putih juga memungkinkan bila terjadi cacat atau kerusakan lebih mudah terlihat. Seperti apabila terdapat retakan atau penyok yang seharusnya tidak ada. Selain itu, apabila ada kebocoran oli atau cairan internal lainnya akan terlihat jelas pada livery yang berwarna putih, dibanding warna lainnya.

Kemudian, untuk alasan lainnya dibalik warna putih, yakni untuk pengurangan risiko burung menabrak pesawat, sesuatu yang berakibat fatal bagi burung dan berbahaya bagi penumpang di dalamnya.

Memang, banyak yang salah soal anggapan cat putih, salah satunya klaim cat putih lebih ringan daripada warna lain, khususnya cat hitam. Termasuk adanya orang yang menimbang volume yang sama dari cat titanium oksida yang dibeli di toko dan cat berwarna lainnya, untuk menunjukkan bahwa cat putih sebenarnya lebih berat.

Namun, ada kemungkinan cat penerbangan bisa berbeda. Seorang pakar penerbangan berpendapat, bahwa gagasan cat putih lebih terang berasal dari kebingungan tentang mengecat pesawat secara umum. Karena, pesawat merupakan benda yang cukup besar dan cat bisa menambah berat beberapa ratus kilogram.

Topik Menarik