Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Terjang Lumajang, 1 Dusun Terisolasi

Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Terjang Lumajang, 1 Dusun Terisolasi

Travel | BuddyKu | Senin, 30 Januari 2023 - 09:14
share

LUMAJANG, iNews.id - Banjir lahar hujan kembali menerjang daerah aliran Sungai Regoyo, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Minggu (29/1/2023) petang. Besarnya volume banjir lahar hujan kali ini membuat ratusan warga di satu dusun kembali terisolasi.

Banjir lahar hujan kali ini membawa cukup banyak endapan material vulkanik dari puncak Gunung Semeru, berupa pasir dan bebatuan besar. Material banjir meluber dan mendekati permukiman warga.

Dari data pos pengamatan gunung api (PGA) Semeru, banjir lahar hujan kali ini terekam dua kali dengan amplitudo maksimal 10 sampai 40 milimeter selama 4.914 deti.

Banjir lahar hujan disebabkan hujan deras di wilayah puncak Gunung Semeru. Akibatnya, endapan material vulkanik sisa letusan dan guguran lava pijar terbawa air hujan.

Akibat banjir lahar hujan yang menerjang Das Sungai Regoyo dan menimbun Jembatan Jugosari, ratusan warga di Dusun Sumberlangsep kembali terisolas.

Banjir kali ini besar sekali. Material meluber menutup jembatan. Ini orang yang di rumah-rumah itu tidak bisa keluar. Terisolasi, kata salah seorang warga, Herman.

Sementara itu, banjir lahar hujan Gunung Semeru yang meluas juga mengakibatkan kebun sengon milik warga rusak. Bahkan sejumlah pohon sengon hanyut terbawa derasnya banjir lahar hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang masih mendata kerusakan yang diakibatkan banjir lahar hujan kali ini. Mereka juga akan menyuplai logistik warga di Dusun Sumberlangsep yang terisolasi.

Topik Menarik