Menguak Alasan Kenapa di Banyuwangi Banyak Janda

Menguak Alasan Kenapa di Banyuwangi Banyak Janda

Travel | BuddyKu | Minggu, 29 Januari 2023 - 18:09
share

MENGUAK alasan kenapa di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur banyak janda. Diketahui pada akhir 2022, ada lebih dari 4.000 wanita Banyuwangi yang menyandang status janda.

Banyuwangi yang dijuluki The Sunrise of Java memiliki keanekaragaman budaya dan keindahan alamnya. Daerah paling ujung timur Pulau Jawa ini punya sederet tempat wisata di antaranya paling terkenal adalah Kawah Ijen.

Banyuwangi juga terkenal dengan budaya mistisnya. Ada banyak tempat wisata horor di Banyuwangi, salah satu paling populer adalah Alas Purwo.

Di sisi lain, Banyuwangi tinggi angka perceraian sehingga banyak wanita jadi janda.

Data Pengadilan Agama Banyuwangi pada 2022 mencatat ada 1.397 kasus suami gugat cerai istri, sedangkan istri gugat cerai suami sebanyak 4.160.

Dari semua pengajuan perceraian, PA Banyuwangi telah memutus 4.983 kasus sah bercerai. Dengan begitu, terdapat 4.983 janda dan duda baru di Banyuwangi selama periode ini, dan sisanya masih dalam proses sidang.

Kendati begitu, kasus perceraian di Banyuwangi cenderung menurun dibanding tahun sebelumnya. Pada 2021 silam, jumlah pasangan yang mengajukan cerai sebanyak 5.601 dalam periode yang sama.

Adapun penyebab perceraian di Banyuwangi didominasi faktor ekonomi. Tercatat total sekitar 60 persen dari kasus perceraian yang ada disebabkan oleh faktor finansial tersebut.

Selain itu, ada pula faktor teknologi yang juga turut menjadi perusak hubungan antara suami dan istri. Yakni, aktivitas sosial media (medsos), yang akhir-akhir ini menjadi tren faktor perceraian.

Sedari lebih dari 1 dekade lalu, tepatnya 2010, rupanya media sosial menyumbang cukup besar alasan pasangan untuk bercerai. Salah satunya adalah pemicu hadirnya pihak ketiga dan aktivitas negatif yang mendorong pasangan untuk bercerai. Tercatat dalam PA Banyuwangi 20 hingga 30 persen kasus cerai disebabkan oleh media sosial.

Ilustrasi

Tak hanya dua faktor itu, tren baru dalam faktor perceraian yang tengah banyak dialami pasangan suami istri yakni banyaknya pasangan muda di bawah 30 tahun yang memutuskan untuk bercerai, dengan beragam alasan. Tak sedikit dari mereka yang merasa ketidakcocokan dan faktor mental.

Itulah kenapa tak heran jika di Banyuwangi banyak ditemui janda.

Topik Menarik