Rekomendasi Aplikasi yang Wajib Dimiliki Remaja Biar Kamu Makin Produktif

Rekomendasi Aplikasi yang Wajib Dimiliki Remaja Biar Kamu Makin Produktif

Travel | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 17:36
share

Smartphone telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa di era yang serba canggih ini. Kecanggihan teknologi membuka banyak peluang para remaja khususnya untuk lebih bisa produktif lagi, terutama dengan memanfaatkan aplikasi yang ada, berikut ini adalah aplikasi yang wajib dimiliki remaja untuk menunjang produktivitas mereka.

Remaja dapat memanfaatkan smartphone untuk berbagai keperluan seperti mengakses internet, mengikuti kelas online, mengerjakan tugas, dan sebagainya. Aplikasi yang tersedia di smartphone juga dapat membantu mengelola waktu, membuat catatan penting dan lain sebagainya. Nah buat kamu yang merasa masih remaja dan ingin tetap bisa produktif dimanapun dan kapanpun, boleh nih cek aplikasi yang wajib dimiliki remaja.

  1. Evernote

Evernote adalah aplikasi yang sangat membantu dalam mengelola catatan dan informasi yang diperlukan. Aplikasi ini memberikan banyak fitur yang memungkinkan kamu untuk menyimpan catatan teks, mengambil foto, merekam audio, dan melampirkan data. Fitur ini dapat digunakan di berbagai jenis perangkat seperti Android, PC, iOS, Mac, dan lainnya. Evernote juga memiliki versi premium yang menyediakan fitur tambahan yang lebih lengkap.

Evernote juga dapat digunakan sebagai "diary" digital. Aplikasi ini memungkinkan Sobat Campuspedia untuk menulis apapun yang diinginkan, mulai dari catatan kuliah hingga cerita pribadi. Dengan Evernote, kamu bisa mulai meninggalkan catatan kertas konvensional dan mengelola catatan secara digital.

  1. CamScanner

CamScanner adalah aplikasi yang sangat berguna jika kamu sering berurusan dengan berkas-berkas berbentuk hardcopy secara online. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk men-scan dokumen, tulisan dosen di papan tulis, hingga catatan kuliah melalui perangkat smartphone. Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, cukup dengan mengambil foto berkas yang akan di-scan, menyesuaikan kualitas gambar, dan mencetak hasil scan.

Hasil scan yang dihasilkan oleh CamScanner sangat jernih dan mirip dengan aslinya, seolah-olah dibuat dengan menggunakan alat scan konvensional. Ini merupakan kelebihan yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa dan juga orang lain yang ingin menghemat waktu dan biaya dengan meng-scan berkas-berkas tanpa harus pergi ke tempat fotokopi atau perpustakaan.

  1. Smart Recorder

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam audio file hingga 2GB. Keunggulan lain dari Smart Recorder adalah fitur deteksi otomatis yang dapat menghentikan rekaman saat terjadi pause atau silence saat sedang mengajar. Hal ini tentu saja sangat membantu menyimpan space memori di smartphone.

Setelah merekam, Sobat Campuspedia dapat membagikan data tersebut melalui email, whatsapp, atau bahkan dropbox. Fitur lain yang menarik dari Smart Recorder adalah kemampuannya untuk merekam di background smartphone.

  1. WPS Office

Sebagai mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan yang namanya dokumen. Dokumen-dokumen seperti Word, Excel, dan Powerpoint menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mahasiswa. Namun, tidak semua mahasiswa memiliki laptop atau komputer di dekatnya setiap saat. Oleh karena itu, hadir WPS Office + PDF sebagai solusi untuk mahasiswa yang ingin mengolah dokumen dari smartphone.

Aplikasi ini memungkinkan Sobat Campuspedia untuk membaca, mengedit, dan membuat dokumen baru dari smartphone. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengolah dokumen di luar kampus atau saat tidak membawa laptop.

  1. iPusnas

Mahasiswa seringkali dituntut untuk selalu update dengan informasi terbaru dari berbagai sumber. Salah satu cara untuk mendapatkan referensi dan bahan perkuliahan yang mudah diakses adalah dengan menggunakan aplikasi perpustakaan digital. Salah satu aplikasi yang wajib dimiliki remaja khususnya mahasiswa adalah iPusnas.

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital Indonesia yang dapat diakses melalui handphone maupun laptop. Aplikasi ini sangat membantu para mahasiswa dalam mengumpulkan referensi dan bahan-bahan perkuliahan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan buku-buku dengan berbagai kategori seperti fiksi, kumpulan puisi, psikologi, agama, dan lain-lain.

  1. Organizze

Mahasiswa yang selalu bergelut dengan masalah keuangan pasti memerlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam mengatur keuangan. Organizze adalah aplikasi yang dapat membantu mahasiswa dalam mengatur keuangan mereka. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau pengeluaran dan pemasukan mereka, sekaligus merencanakan tabungan.

Kerennya lagi, ada grafik pantauan keuangan dalam jangka waktu tertentu yang dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui bagaimana keuangan mereka berubah dari waktu ke waktu. Laporan keuangan pribadi ini pun dapat di-export dalam format excel sehingga dapat digunakan untuk keperluan seperti pengajuan beasiswa.

Topik Menarik