Tidak Sengaja Simpan Ikan di Kolam, Dosen Ini Sukses Jadi Pembibit Gabus

Tidak Sengaja Simpan Ikan di Kolam, Dosen Ini Sukses Jadi Pembibit Gabus

Travel | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 12:49
share

IDXChannel Kisah kali ini datang dari seorang dosen yang sukses bisnis pembibitan ikan gabus, ia adalah Ardiansyah Arifbudi Utomo atau akrab disapa Ardi. Disela kesibukannya sebagai dosen, ia rela membagi waktunya untuk menjalankan bisnisnya tersebut.

Ia mendirikan pembibitan ikan gabus dengan nama Ardy Channa Farm.

Bisnisnya ini berawal dari hobinya memancing ikan gabus. Saat itu ketika ia mendapatkan ikan gabus, ia letakkan dalam sebuah kolam ikan, namun ternyata tidak sengaja bertelur.

Dari ketidaksengajaan itu, Ardi melihat adanya sebuah peluang bisnis. Kemudian telur-telur ikan gabus itu ia jual dan ternyata banyak disukai. Lalu Ardi mulai melanjutkan bisnis ini dengan berbagai usaha, namun kegagalan kerap ditemuinya.

Ia tidak menyerah, dengan berbekal ilmu terkait pengembangbiakan ikan gabus ini kembali ia pelajari dengan serius.

Berkat kegigihan dan kesabarannya, kini Ardi menuai kesuksesan. Dilansir dari iNews.id (03/01), kini ia sudah memiliki 63 kolam dengan total indukan mencapai 50 pasang, dimana setiap pasangnya bisa menghasilkan telur dari 10.000-20.000 ekor.

Pencapaian tertinggi dalam penjualan ikan gabusnya bisa mencapai 40.000 ekor pada Januari 2022 lalu. Lalu di bulan Februari sudah mencapai 35.000 ekor terjual dan sudah ada yang indent.

Ardi juga mengirimkan bibit ikan gabusnya tersebut ke berbagai kota di luar pulau Jawa, seperti Riau, Banjarmasin, Palembang, dan lain sebagainya. Ardi membuka pemesanan ikan gabus lewat channel media sosialnya. ( NKK )

Topik Menarik