Terputus karena Tersapu Erupsi Gunung Semeru, Jembatan Gladak Perak Bakal Tersambung

Terputus karena Tersapu Erupsi Gunung Semeru, Jembatan Gladak Perak Bakal Tersambung

Travel | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 02:14
share

LUMAJANG - Jembatan Gladak Perak yang sempat terdampak erupsi Gunung Semeru mulai tersambung. Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Malang itu sempat terputus akibat erupsi Gunung Semeru pada 2021.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengungkapkan, penyambungan jembatan diperkirakan rampung dalam dua hari ini. Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam percepatan recovery bencana erupsi semeru.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lumajang mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR Pak Basuki dan seluruh keluarga besar Kementerian PUPR yang melakukan percepatan penanganan bencana termasuk membangun kembali jembatan gladak perak ini," kata Thoriqul Haq, melalui keterangan tertulisnya, pada Selasa (3/1/2023).

Cak Thoriq, sapaan akrabnya berharap pembangunan jembatan yang membelah Sungai Curah Kobokan ini diharapkan segera selesai. Hal ini untuk menyambungkan perekonomian dua kabupaten yang sempat terputus pasca erupsi parah Gunung Semeru pada 4 Desember 2021.

"Harapan kami Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan tersambungnya Jembatan Gladak Perak ini bisa segera difungsikan dan kembali menjadi persambungan ekonomi masyarakat Lumajang, yang terputus beberapa waktu ini akibat terdampak erupsi Semeru," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Proyek Jembatan Gladak Perak, Tatang menjelaskan, pihaknya terus mengebut proses pembangunan jembatan tersebut. Gladak Perak nantinya akan menjadi jembatan rangka baja terpanjang di Indonesia dengan panjang 140 meter, lebar rangka 12 meter dan lebar aspal 7,5 meter.

Lanjut dia, sebelum difungsikan untuk umum nantinya jembatan akan dilakukan loading test terlebih dahulu. Loading test merupakan metode pengujian yang dilakukan pada jembatan dengan cara menempatkan beban berat pada jembatan secara diam/tidak bergerak.

"Di bulan Januari ini sudah mulai pengecoran dan syarat pembukaannya menunggu loading test, kemungkinan bulan Februari," jelasnya.

Sebagai informasi, Jembatan Gladak Perak di Piket Nol, Kecamatan Supiturang, Kabupaten Lumajang terputus akibat terjangan awan panas dan material erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021. Pasca terputus jalur antara dua Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang pun ikut terputus, beberapa kendaraan bermotor memilih memutar melalui Probolinggo.

Bila melintasi kawasan tersebut, pengendara memilih untuk melintasi jembatan darurat di Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Sayang, pada erupsi terakhir Desember 2022 lalu Jembatan Kajar Kuning juga ikut tersapu material erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

Topik Menarik