Bingung Liburan Akhir Tahun Kemana? Pantai Karang Hawu Bisa Jadi Alternatif

Bingung Liburan Akhir Tahun Kemana? Pantai Karang Hawu Bisa Jadi Alternatif

Travel | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:51
share

SUKABUMI, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Jika Anda masih bingung mencari tempat untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun kali ini, Pantai Karang Hawu bisa jadi salah satu alternatif.

Pantai Karang Hawu merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Sukabumi. Pantai ini terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Pantai Karang Hawu ini merupakan salah satu pantai terkenal di Sukabumi dengan ciri khas tebing yang menjorok ke laut. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan nuansa mistis yang berhubungan dengan mitos penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Harga tiket masuk Pantai Karang Hawu ini cukup terjangkau, yaitu berkisar yaitu Rp5.000. Keistimewaan yang dimiliki oleh pantai ini ialah panorama alamnya yang sangat indah, udaranya sejuk, dan memiliki hamparan pasir yang lembut dan luas.

Warna pasir di pantai ini putih sedikit kecoklatan dengan teksturnya yang halus. Sementara garis pantainya memiliki panjang mencapai 3 km dengan tepian yang melengkung.

Selain itu, ada beberapa daya tarik lainnya dari Pantai Karang Hawu ini. Penasaran? Simak ulasan berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pesona Pantai Karang Hawu

Pantai ini bernama Karang Hawu, diambil dari bentuk batuan karang yang menyerupai hawu atau alat pembakaran yang biasa disebut tungku.

Pantai Karang Hawu memiliki deburan ombak yang cukup kencang, namun suaranya begitu menenangkan. Disadari atau tidak suara deburan ombak dapat membuat kamu tenang, dan melupakan segala gundah yang dirasa.

Kondisi Pantai Karang Wawu saat ini tampak cantik, terdapat beberapa perbaikan di beberapa sisinya. Misalnya saja di gerbang masuknya, landmarknya, serta adanya tambahan beberapa spot foto.

Ombak di Pantai Karang Hawu membuat pengunjung enggan untuk bermain air atau mandi, mereka lebih suka menikmatinya dari bibir pantai sambil membiarkan rambut terkibaskan oleh angin laut yang cukup kencang.

2. Ada 7 Sumur Pantai Karang Hawu

Sumur di Pantai Karang Hawu bukanlah seperti sumur pada umumnya, melainkan sebuah cekungan yang dikelilingi batu karang dimana jumlahnya ada 7 buah.

Bentuk dari karangnya lingkaran, dan memanjang ke bawah layaknya sebuah sumur. Airnya pun cenderung payau, karena sudah bercampur dengan air hujan.

7 Sumur Pantai Karang Hawu ini dipercaya sejak lama sebagai tempat untuk penyembuhan penyakit medis maupun non medis, bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai tempat untuk meminta dimudahkan bertemu jodoh.

Ketika berada di sekitar 7 Sumur Pantai Karang Hawu ini harap berhati-hati, karena dalam sekali serta pijakan kamu hanyalah batuan karang yang ada di sekitarnya.

3. Mengunjungi Patilasan Nyi Roro Kidul

Setelah puas eksplor Pantai Karang Hawu, dapat melanjutkan petualangan dengan mengunjungi Petilasan Nyi Roro Kidul yang berada di Gunung Kramat Winarum. Yang di sebelah Petilasan beliau terdapat makam Syekh Hasan Ali, seorang ulama besar dari Sukabumi.

Lokasinya tak begitu jauh dari Pantai Karang Hawu, tinggal mencari sebuah gapura hijau yang berisikan tangga yang terbuat dari semen.

Tak jauh dari Gunung Kramat Winarum terdapat sebuah bukit atau Gunung Rahayu, di bukit tersebut terdapat sebuah makam dari Raden Dikudratullah atau disebut juga Raden Cengkal.

Beliau merupakan ulama yang menyebarkan ajaran Islam di Sukabumi. Namun, tak sembarang orang dapat berziarah ke makam tersebut. Karena berada di tanah milik pribadi.

Topik Menarik