2 Kubu Bertikai di Keraton Solo Diminta Tak Mempertontonkan Konflik Berkepanjangan

2 Kubu Bertikai di Keraton Solo Diminta Tak Mempertontonkan Konflik Berkepanjangan

Travel | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 12:56
share

SOLO, iNews.id - Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi menegaskan pihaknya tidak ikut campur dalam konflik yang terjadi di Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo. Petugas yang disiagakan di kawasan keraton untuk menjaga situasi kamtibmas di lingkungan tersebut.

Intinya kami tidak akan ikut dalam konflik tersebut. Kami tidak dalam kapasitas berpihak kepada siapa pun, ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Kapolres juga mengungkapkan, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi ingin agar Keraton Solo sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa harus mempertontonkan nilai luhur, bukan konflik berkepanjangan seperti yang terjadi saat ini.

Jika memang diminta mediasi kami siap, dengan catatan kami siapkan tempat untuk melakukan mediasi. Sebenarnya tidak ada batas, katanya.

Sebelumnya, keluarga Keraton Solo, baik dari kubu Sinuhun Paku Buwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA) membuka kemungkinan untuk berdamai.

Kubu Sinuhun yang diwakili Pengageng Sasana Wilapa KP Dani Nur Adiningrat menyebut, pihaknya tidak perlu melakukan mediasi karena telah ada surat perjanjian damai yang ditandangani tokoh yang berkepentingan pada 2017 lalu.

Ya kami kembali saja ke perjanjian damai pada tahun 2017 itu, ujarnya.

Sementara itu, dari pihak LDA yang diwakili Ketua LDA Gusti Kanjeng Ratu Wandansari membuka kemungkinan untuk melakukan mediasi.

Dia bahkan menyebut bahwa perseteruan antarkeluarga inti keraton mudah selesai jika dirinya bisa bertemu dengan Sinuhun.

Belum ada obrolan soal kolaborasi, saya yakin mereka tidak mau. Umpama saya bisa ketemu Sinuhun pasti selesai, tapi kan Sinuhun sudah tidak bisa bicara, ucapnya.

Topik Menarik