Menjelajahi Indahnya Pesona Alam Geopark Ciletuh di Sukabumi, Ada Air Terjun hingga Perbukitan

Menjelajahi Indahnya Pesona Alam Geopark Ciletuh di Sukabumi, Ada Air Terjun hingga Perbukitan

Travel | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:41
share

SUKABUMI, celebrities.id - Jawa Barat menjadi salah satu wilayah dengan deretan destinasi wisata alam menarik, salah satunya ada di Kabupaten Sukabumi.Kawasan ini kaya akan pegunungan, rimba, laut, pantai, sungai hingga air terjun yang memukau dan memesona. Semuanya ini terangkum di Geopark Ciletuh.

Ekspedisi bersama Geopark Ciletuh Spektakuler 2022 mengajak untuk mengeksplor satu satunya geopark di Jawa Barat. Dikutip dari keterangan resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/12/2022) kawasan geopark ini memiliki luas mencapai 126.100 hektare, meliputi delapan kecamatan dan 74 desa. Pada 2018, telah diresmikan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan dunia.

Di Geopark Ciletuh, terdapat banyak material bebatuan berwujud unik yang terbentuk dari hasil sedimentasi berbagai fosil, pepatahan dan lempengan bumi yang berusia puluhan juta tahun. Selanjutnya, terdapat juga 50 situs geologi yang patut dikunjungi jika ingin mempelajari tentang keaneragaman alam dan budaya.

Geopark Ciletuh di Sukabumi. (Foto: Pemkab Sukabumi)
Geopark Ciletuh di Sukabumi. (Foto: Pemkab Sukabumi)

Daya tarik yang ada di Geopark dan menjadi primadona para wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Bukit darma, Penenjoan dan keindahan air terjunnya. Di mana lokasi-lokasi wisata ini merupakan bagian dari spot terbaik dalam keindahan alam Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Puncak Darma adalah salah satu dataran tertinggi di Kawasan Geopark Ciletuh. Bukit ini berada di ketinggian 230 meter di atas laut (MDPL), lokasinya ada di Desa Girimukti Kecapatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Di sini dapat melihat landscape atau pemandangan yang indah dan memesona.

Kemudian ada Bukit Panenjoan, yakni tempat di mana tempat ini juga bisa melihat pemandangan dari ketinggian. Terdapat hamparan sawah dikelilingi pepohonan, hutan yang membentuk mega amfiteater. Lokasinya berada di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas.

Nah, setelah menyaksikan pemandangan dari Puncak Darma dan Bukit Panenjoan juga bisa menjelajahi curug-curug atau air terjun di kawasan Geopark Ciletuh. Seperti di antaranya Curug Cimarinjung, Curug Cikaso, Curug Luhur, Curug Sodong, Curug Awang, Curug Tengah, Curug Larangan Curug Karet, Curug Puncak Manik, Curug Puncak jeruk dan Curug Cikanteh.