Hacker Korea Utara Lakukan Serangan Siber ke 1.000 Pakar Kebijakan Luar Negeri Korea Selatan

Hacker Korea Utara Lakukan Serangan Siber ke 1.000 Pakar Kebijakan Luar Negeri Korea Selatan

Travel | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:16
share

KOREA UTARA Pemerintah Korea Selatan mengklaim bahwa Korea Utara melakukan serangan lewat hacker . Yang diserang sangat spesifik. Yakni, hampir 1.000 orang pakar kebijakan luar negeri Korea Selatan. Serangan siber ini dilancarkan hacker Korea Utara dengan skema phishing.

Dihimpun dari Engadget , hacker melancarkan aksinya dengan berpura-pura sebagai tokoh politik Korea Selatan.

Saat korban mulai percaya, mereka akan diberikan tautan ke situs palsu atau virus sebagai lampiran. Meskipun cara ini sebenarnya sudah ketinggalan zaman, namun cukup efektif untuk membodohi setidaknya segelintir korban. Dilaporkan ada beberapa pakar kebijakan luar negeri Korea Selatan yang terkecoh dan berhasil dicuri data pribadinya.

Tidak hanya kecolongan data pribadi, email mereka juga disusupi. Bahkan, sebanyak 13 perusahaan yang bergerak di bidang online ikut terseret dalam perkara ini.

Dari 13 perusahaan itu, 2 di antaranya merugi hingga USD1.980 atau setara Rp 30 jutaan.

Untuk diketahui, serangan oleh hacker Korea Utara terhadap Korea Selatan bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, hacker dari negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu menargetkan peneliti keamanan Korea Selatan di setiap serangan. Mereka melakukan serangan untuk menemukan celah keamanan yang belum ditambal pihak Korea Selatan.

Hacker Korea Utara bahkan menggunakan tragedi Halloween di Itaewon sebagai kedok untuk menargetkan warga negara Korea Selatan.

Meski para peretas ini berusaha keras menutupi jejak mereka dengan cukup baik, namun alamat IP membuat pihak Korea Selatan yakin bahwa ini adalah kelompok yang sama yang meretas Pembangkit Listrik Tenaga Air & Nuklir Korea pada 2014 lalu.

Mereka juga percaya bahwa para peretas tidak akan menghentikan aktivitas mereka hanya karena upaya mereka telah ditemukan. Untuk itu warga Korea Selatan diimbau untuk lebih melek digital dan berhati-hati terhadap serangan phishing yangdilancarkan.

(dan)

Topik Menarik