Miliki Keindahan yang Memukau, 5 Pantai Selatan Ini Menarik Dikunjungi

Miliki Keindahan yang Memukau, 5 Pantai Selatan Ini Menarik Dikunjungi

Travel | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 05:36
share

JAKARTA Pantai-pantai di wilayah selatan dikenal dengan keindahannya yang memukau. Selain itu, ditambah dengan cerita mitos membuatnya menjadi lebih menarik untuk dikunjungi.

Bahkan, saat liburan tiba, seperti libur tahun baru, pantai-pantai ini kerap diserbu wisatawan dari berbagai daerah, juga mancanegara. Maka tak heran jika pada waktu tersebut datang, pantai-pantai ini akan dipadati pengunjung.

Berikut rekomendasi 5 pantai selatan yang bisa Anda kunjungi saat liburan tiba.

1. Pantai Menganti

Bagi Anda yang pulang kampung ke Kebumen, Jawa Tengah, bisa mampir ke Pantai Menganti. Pantai selatan satu ini disebut-sebut keindahan dan pemandangannya hampir serupa dengan di Uluwatu Bali.

Pantai ini terdiri dari hamparan pasir putih dengan tebing karst di sekitarnya. Anda dapat beristirahat sejenak menghirup udara segar sambil menikmati indahnya perbukitan hijau yang menawan. Apalagi setelah macet-macetan di perjalan, perasaan Anda akan terobati dengan menikmati pemandangan di Pantai Menganti ini.

2. Pelabuhan Ratu

Kemudian bagi Anda yang akan mudik melalui jalur Sukabumi, Jawa Barat bisa berhenti sejenak dan mampir ke Pantai Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu sendiri memiliki deretan pantai menarik yang terletak di pantai selatan, mulai dari Pantai Citepus, Pantai Cibangban, Pantai Cimaja hingga Karang Hawu.

Menariknya lagi, dinamakan Pelabuhan Ratu karena tempat berlabuhnya sang penguasa pantai selatan Nyi Roro Kidul. Bahkan di Samudera Beach Hotel kamar 308, di mana kamar ini cukup dikeramatkan. Konon terdapat lukisan dan barang-barang milik ratu pantai selatan tersebut.

3. Tanjung Lesung

Kemudian adalah Pantai Tanjung Lesung, yang berlokasi di Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang ini termasuk destinasi di Banten. Meskipun letaknya cukup tersembunyi, nyatanya pantai ini memiliki banyak keindahan yang memuaskan.

Pantai ini dapat dikategorikan dalam pantai yang bersih dibanding lainnya lantaran dikelola Jababeka. Eksotisme Tanjung Lesung tak hanya dari pantai dan pasir putihnya, namun juga eloknya tebing curam yang mengelilingi pantai.

Terdapat berbagai aktivitas seperti diving, snorkling bahkan ada pula fasilitas watersport yang cukup menantang adrenalin. Tidak hanya itu, di tempat ini juga bisa dijadikan objek berkemah yang cukup aman.

Tak hanya itu saja, Tanjung Lesung juga masuk sebagai salah satu kategori destinasi super prioritas. Hal ini guna mendongkrak pengembangan pemerataan wisata nasional.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-Land adalah pantai yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai surganya para peselancar ini terletak di dalam Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai selancar terbaik di dunia. Pantai Plengkung mendapat julukan "Seven Giant Waves Wonder", di mana ombaknya bisa menggulung hingga tujuh gulungan dengan tinggi mencapai lebih dari 6 meter.

Bagi yang tidak bisa berselancar, Anda juga bisa menikmati keindahan lainnya di Pantai Plengkung ini. Terdapat pasir pantai putih yang halus, hamparan laut biru yang luas, bebatuan karang dengan konfigurasi unik, serta pepohonan hijau. Perpaduan itu menjadikan G-Land pemandangan alam yang eksotis.

5. Pantai Ujung Genteng

Sukabumi, Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah, dan menarik. Salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng. Tempat ini jadi bagian kawasan pariwisata yang banyak diminati, lho.

Berlokasi di Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Pantai Ujung Genteng memiliki panorama yang indah dan memesona. Bahkan terdapat fakta menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai Ujung Genteng memiliki pasir putih yang terbentang luas. Ditambah birunya laut, dan langit cerah membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.

Anda bisa mengambil banyak foto dari beberapa spot menarik di pantai satu ini. Lalu Anda bisa berburu sunset atau matahari terbenam di Pantai Ujung Genteng. Nuansa romantis dan indahnya pemandangan saat sore hari akan terasa di tempat ini.

Maka tak jarang juga, para pecinta fotografi menanti momen tersebut, yaitu saat di mana matahari terbenam.

Tak hanya suasana pantainya saja yang bisa Anda nikmati. Tapi di sini juga bisa melihat penangkaran penyu, di mana satwa ini terancam populasinya dan hampir punah. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pelepasan tukik atau bayi penyu yang dibiarkan berenang ke lautan.

(nug)

Topik Menarik