Loading...
Loading…
7 Fakta Negara Swiss, Miliki Tangga dan Terowongan Terpanjang di Dunia

7 Fakta Negara Swiss, Miliki Tangga dan Terowongan Terpanjang di Dunia

Travel | BuddyKu | Jumat, 09 Desember 2022 - 07:34

JAKARTA, celebrities.id - Fakta negara Swiss jarang diketahui masyarakat. Jika mendengar kata Swiss, hal yang melekat di ingatan kita adalah negara yang memiliki pemandangan bagus nan indah.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi hal-hal yang harus diketahui tentang negara yang berada di tengah Eropa ini. Lantas, apa saja fakta negara Swiss? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022), berikut ulasannya.

Fakta Negara Swiss

1. Swiss Memiliki Lebih dari 7 Ribu Danau

Danau di Swiss dianggap sebagai danau terindah yang ada di dunia. Bahkan Swiss sendiri memiliki lebih dari 7 ribu danau. Selain danau terindah, Swiss juga memiliki salah satu danau terbesar yakni Danau Jenewa yang memiliki luas permukaan 580,03 kilometer persegi, terbentang di Swiss dan Prancis.

Ada juga Danau Neuchtel, dengan luas permukaan 218,3 km2, merupakan danau terbesar yang seluruhnya ada di Swiss. Di Swiss, orang dapat minum air sungai dan danau karena airnya sangat jernih dan bersih.

2. Memiliki Tangga Terpanjang di Dunia

Tangga terpanjang di dunia dengan 11.674 anak tangga terletak di jalan kereta api di Gunung Niesen. Tangga ini memiliki panjang sepanjang 3,4 km dan pengunjung harus mendaki sepanjang 1.669 meter saat menaiki tangga terpanjang Swiss ini. Namun, tangga ini tidak dibuka untuk umum.

Fakta Negara Swiss. (Foto:celebrities.id/ Freepik)
Fakta Negara Swiss. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

3. Negara Paling Inovatif di Dunia

Swiss menempati peringkat pertama, pada 2022, sebagai negara paling inovatif di dunia dalam bidang ekonomi menurut The Global Innovation Index. Negara ini sudah 12 kali berturut-turut menempati peringkat pertama.
Dari ekonomi berbasis pertanian pada 1860, Swiss menjadi negara yang memiliki lebih dari 700 start-up. Hal ini karena Swiss memiliki sektor jasa yang besar, fokus pada ceruk pasar, dan basis manufaktur yang terdiversifikasi.

4. Memiliki Terowongan Terpanjang di Dunia

Terowongan Gotthard di Swiss adalah yang terpanjang di dunia, berukuran 57 kilometer atau 7 km lebih panjang dari Terowongan Channel antara Inggris dan Prancis. Butuh waktu tujuh belas tahun untuk menyelesaikan terowongan yang dibuka secar resmi pada 2016 itu. Tujuan utama Terowongan Gotthard adalah untuk meningkatkan kapasitas transportasi lokal melalui Alpine.

5. Tingkat Kejahatan Terendah

Swiss adalah salah satu negara teraman di dunia. Negara ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Padahal faktanya, tingkat kepemilikan senjata di Swiss cukup tinggi yakni 2 juta kepemilikan senjata, dengan populasi sekitar 8,3 juta orang.

Belum pernah terjadi lagi penembakan massal di Swiss, sejak 2001 ketika seorang pria menyerbu parlemen lokal di Zug, menewaskan 14 orang dan dirinya sendiri. Tingkat pembunuhan keseluruhan di negara itu pun hampir nol (hanya 45 orang per tahun).

6. Hari Minggu di Swiss Dianggap Sebagai Masalah Besar

Hari Minggu di Swiss terdapat beberapa aturan, yakni tidak boleh memotong rumput di halaman, menjemur cucian di luar, memukul palu, atau apa pun yang dapat mengganggu ketenangan tetangga. Bahkan bekerja di hari Minggu juga tidak disukai oleh penduduk Swiss.

Mereka memilih untuk bermalas-malasan, menutup pintu, membaca buku dan menikmati hari yang tenang bersama teman dan keluarga.

7. Memiliki Empat Bahasa

Swiss memiliki empat bahasa nasional, yaitu bahasa Prancis, Italia, Romansh, dan Jerman/Swiss Jerman. Penggunaan bahasa ini terbagi dalam dibagi empat wilayah bahasa yang berbeda. Bahasa Prancis banyak digunakan di bagian barat, bahasa Italia di bagian selatan, Romansh di beberapa wilayah di tenggara, dan Swiss Jerman di bagian lainnya yang cakupannya lebih luas.

Swiss Jerman adalah bahasa yang paling banyak digunakan, yaitu oleh 62,6 persen populasi.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{