Habibah, Kereta Kencana yang Ditunggangi Kaesang-Erina

Habibah, Kereta Kencana yang Ditunggangi Kaesang-Erina

Travel | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 13:15
share

CILACAP, iNewskaranganyar.id - Enam ekor kuda betina bakal menarik kereta kencana yang akan dinaiki Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Enak ekor kuda yang akan menarik kereta kencana kedua mempelai itu dipercayakan pada Aiptu Warsito.

Aiptu Warsito sendiri anggota Polri yang bertugas di Humas Polresta Cilacap. Pada iNewskaranganyar.id, Aiptu Warsito mengatakan bila dirinya sudah sering berinteraksi dengan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Setiap even yang digelar, bila keluarga Presiden Jokowi membutuhkan kuda dan kereta, pihak keluarga Presiden selalu menghubungi keluarganya yang ada di Jajar.

Meski sudah terbiasa, Aiptu Warsito mengaku tetap melakukan persiapan. Termasuk untuk even pernikahan Kaesang dan Erina ini, persiapan yang dilakukannya selama 1 bulan.

Kita sudah laksanakan persiapan sejak 1 bulan yang lalu. Kita sudah siap dan ready untuk melaksanakan tugas,papar Aiptu Warsito saat dihubungi iNewskaranganyar, Kamis (8/12/2022).

Jadi kebetulan mulai pak Jokowi masih jadi Walikota sampai saat ini, jika ada event yang membutuhkan kuda dan kereta selalu menghubungi keluarga saya yang di Jajar Solo, terangnya.

Menurut Aiptu Warsito, kuda betina yang akan menarik kereta kencana Kaesang dan Erina bernama Habibah.

Nama kuda (menarik kereta kencana Kaesang-Erina) namannya Habibah. Berjenis betina. Untuk kereta kencana ditarik 6 ekor kuda betina,terangnya.

Aiptu Warsito lahir di Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten.

Sejak kecil Aiptu Warsito memang sudah akrab dengan kuda. Keakraban Aiptu Warsito dengan kuda, karena keluarganya memang memelihara kuda dan Delman.

Karena kemahirannya menunggangi kuda, Aipda Warsito sering dipercaya untuk mengikuti even besar, diantaranya, Festival keraton Nusantara di Jogyakarta pada tahun tahun 1995. Festival Keraton Nusantara di Keraton Solo dan Cirebon.

Kirab jumenengan dalem Paku Buwono (PB X) dan nikahan putra dalem PB X, kirab hari jadi kota cilacap dan kirab pernikahan Wakil Bupati Cilacap (Samsul Aulia Rahman).

Menurut Aiptu Warsito dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina gudono akan disiapkan 12 kereta kuda.

Untuk acara kirab tasyakuran dimana 1 kereta kuda untuk pengantin akan ditarik oleh enam ekor kuda dan yang sebelas kereta masing akan ditarik oleh dua ekor kuda.

Dan yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda adalah Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabatnya,papar Aiptu warsito.***

Topik Menarik