Bukan Omong Kosong, Vietnam Sudah Beli 4 VAR untuk V-League 2023

Bukan Omong Kosong, Vietnam Sudah Beli 4 VAR untuk V-League 2023

Travel | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 10:52
share

HANOI - Rencana Vietnam untuk menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) tahun depan nyatanya bukan omong kosong belaka. Saat ini Vietnam Profesional Football (VPF) telah memiliki empat buah VAR.

Keempat teknologi canggih tersebut nantinya akan diterapkan pada Liga Vietnam, V-League, musim depan. Kompetisi sepak bola Vietnam pun diyakini akan semakin maju.

Adapun empat VAR tersebut tidak sepenuhnya dibeli sendiri oleh VPF. Dua di antaranya merupakan bantuan FIFA dan dua sisanya dihasilkan dari tabungan VPF.

"Ada empat VAR untuk mendukung kompetisi di tahun 2023. Dua di antaranya dari dukungan FIFA dan sisanya dibeli langsung oleh VPF," bunyi artikel di Soha.vn , Kamis (8/12/2022).

Sebagaimana diketahui, sejauh ini baru Liga Thailand, Thai League, yang benar-benar telah menerapkan VAR di Asia Tenggara. Terbaru, Liga Singapura, Singapore Premier League (SPL), juga tengah memenuhi impian tersebut.

Hal serupa juga hendak ditiru Malaysia dan Indonesia. Namun, belakangan Liga Super Malaysia 2023 batal menggunakan VAR karena faktor biaya dan infrastruktur.

Tak jauh berbeda dengan Liga Indonesia yang kini justru tengah ditimpa permasalahan tragedi Kanjuruhan awal Oktober 2023. Alhasil, Liga 1 seakan mengalami restart .

Terlepas dari itu, jika Vietnam benar akan menerapkan VAR di V-League 2023, maka Negeri Naga Biru akan menjadi negara ASEAN kedua yang memakai VAR setelah Thailand. Sementara itu, SPL masih belum terdengar kabar baru mengenai pemakaian VAR.

Adanya VAR tentu menunjukkan kualitas tingkat profesional kompetisi tersebut. Selain itu, VAR juga sangat berguna untuk membantu wasit dalam menentukan keputusan lebih adil.

Topik Menarik