Paspor UEA Jadi yang Terkuat di Dunia, Paspor Afghanistan Paling Tak Berguna

Paspor UEA Jadi yang Terkuat di Dunia, Paspor Afghanistan Paling Tak Berguna

Travel | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 18:27
share

ABU DHABI, iNews.id Uni Emirat Arab (UEA) kini dinobatkan sebagai negara dengan dokumen perjalanan paling kuat di dunia. Rekor baru negara Teluk itu terungkap lewat Indeks Paspor yang diterbitkan oleh Arton Capital, baru-baru ini.

Indeks tersebut menampilkan sepuluh besar negara dengan paspor terkuat di dunia. Daftar tersebut didominasi oleh negara-negara Eropa.

Menurut indeks itu, pemilik paspor UEA dapat masuk ke 180 negara tanpa masalah. Jumlah tersebut lebih banyak dari paspor negara-negara Eropa seperti Jerman dan Swedia.

Paspor UEA juga mencakup sembilan negara lebih banyak daripada paspor Jepang. Padahal, dokumen perjalanan negeri sakura sempat menduduki peringkat terbaik dunia awal tahun ini dalam daftar yang diterbitkan oleh Henley & Mitra. Namun, dalam indeks yang dikeluarkan Arton, Jepang hanya menempati peringkat 24 dengan akses mudah ke 171 negara.

Sepanjang pandemi Covid-19, otoritas di UEA sebagian besar menghindari pemberlakuan lockdown atau penguncian skala penuh seperti yang banyak dilakukan oleh negara-negara lainnya. Negara Arab itu lebih mengandalkan protokol kesehatan yang ketat seperti wajib masker di luar ruangan dan vaksinasi Covid.

Penanganan pandemi yang gesit oleh Pemerintah UEA ternyata mampu menarik pengunjung dari seluruh dunia yang ingin menghindari aturan pembatasan Covid di negara asal mereka masing-masing.

Mobilitas global meningkat pesat, meskipun konflik meletus di Eropa dan meningkatnya ketegangan di perbatasan, ungkap Arton Capital dalam sebuah pernyataan yang dikutip Alarabiyah , Rabu (7/12/2022).

Meskipun dunia terus merasakan dampak pandemi, yang mengejutkan, bepergian tidak pernah semudah ini, dengan pertumbuhan kekuatan paspor yang stabil di seluruh dunia, sebuah tren yang kami perkirakan akan berlanjut hingga tahun 2023, kata lembaga itu lagi.

Peringkat paspor terkuat di dunia itu semakin menambah daftar penghargaan UEA. Sebelumnya, negara itu juga meraih rekor sebagai negara dengan gedung tertinggi di dunia, kolam renang terdalam di dunia, dan hotel tertinggi di dunia.

Vanuatu menjadi satu-satunya negara yang mengalami penurunan skor akses yang dapat dijangkau paspornya. Hal itu disebabkan adanya penangguhan skema pembebasan visa mereka dengan Uni Eropa.

Sementara, paspor Afghanistan masih menjadi dokumen perjalalan yang paling tidak berguna di dunia.

Topik Menarik