Pantai 3 Warna di Malang, Pemandangan Eksotis Bergradasi dengan Pasir Putih

Pantai 3 Warna di Malang, Pemandangan Eksotis Bergradasi dengan Pasir Putih

Travel | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 15:18
share

JAKARTA, iNews.id - Pantai 3 warna di Malang, Jawa Timur selalu menarik untuk dijelajahi. Sesuai dengan namanya, pantai ini terlihat indah dengan perpaduan tiga warna pada air lautnya.

Ya, Malang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya kota dan area dataran tingginya saja, tapi juga pesisir pantai yang memiliki keindahan alam luar biasa. Salah satunya adalah pantai 3 warna yang eksotis.

Pantai Tiga Warna ini salah satu objek wisata di Malang yang cukup terkenal sejak 2014 lalu. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang tertarik untuk datang ke pantai ini.

Salah satu yang unik, pantai ini memiliki tiga warna air yang berbeda sesuai dengan kedalamannya, ada yang warna merah, hijau, dan biru. Tak heran bila pantai ini disebut Pantai Tiga Warna.

Penasaran, seperti apa daya tarik dan keindahan Pantai 3 Warna di Malang? Berikut ulasannya dirangkum pada, Rabu (7/12/2022).

Daya tarik Pantai 3 Warna

Pantai 3 Warna menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Anda bisa melihat tiga warna air laut yang berbeda. Hamparan pasir yang luas membuat pantai ini terlihat sangat indah. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini, mulai dari berenang hingga snorkeling. Kalau ingin snorkeling bisa menyewa alat hanya membayar Rp15.000.

Selama snorkeling Anda bisa melihat biota laut yang beragam. Kalau ingin mencoba pengalaman baru, tempat ini juga menyediakan spot untuk berkemah lho. Untuk biaya yang dikeluarkan Rp50.000. Ketika cuaca cerah, Anda bisa melihat sunset yang begitu indah dari pantai maupun di atas bukit.

Aturan Wisata di Pantai 3 Warna

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, Pantai 3 Warna memiliki banyak aturan yang harus diikuti pengunjung. Sebab, pantai ini berada di kawasan Marine Protected Area (MPA). Aturan pertama adalah pantai ini membatasi jumlah pengunjung. Dalam sehari dibatasi 100 orang saja. Agar tetap kebagian kuota, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu ke pihak pengelola.

Selain itu, sebelum masuk, pengunjung juga akan melewati pemeriksaan ketat terkait barang bawaan. Pengunjung dilarang keras meninggalkan sampah barang bawaan dan tidak boleh membuang sampah sembarang. Bila melanggar, pengunjung akan dikenakan denda.

Fasilitas di Pantai 3 Warna

Pantai 3 Warna memiliki banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Mulai dari mushola, toilet, hingga tempat parkir. Ada pula penyewaan banana boat dan snorkeling untuk menikmati aktivitas di pantai tersebut.

Harga tiket Pantai 3 Warna

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai 3 Warna, Anda terlebih dahulu harus membeli tiket masuk. Jangan khawatir, harga tiket masuk cukup terjangkau, yakni Rp10.000 per orang. Kalau berniat memakai jasa tour guide, harus menambah biaya sebesar Rp100.000 untuk 24 jam atau satu hari. Bersama guide, Anda akan diajak berkeliling di area pantai.

Rute menuju lokasi Pantai 3 Warna

Pantai 3 Warna terletak di Desa Tambakrejo, tepatnya di wilayah konservasi Sendang Biru, Kabupaten Malang Jawa Timur. Pantai ini berada dalam kawasan wilayah konservasi sehingga sangat dilindungi. Dari kota Malang, Anda bisa mengambil jalan ke arah Gadang, lalu ke Turen. Kemudian, ikuti jalan yang menuju ke Pantai Sendang Biru. Setelah kira-kira 2 jam, Anda akan melihat persimpangan kedua pantai, Gua Cina dan Sendang Biru. Anda bisa mengambil jalur Gua Cina, rute ini bisa dilalui oleh wisatawan.

Setelah itu, ikuti jalan hingga kurang lebih dua kilometer dan ambil arah ke tempat pelelangan ikan atau TPI. Tidak lama Anda akan memasuki area Clungup Mangrove Conservation, dan pantai itu ada di dalam kawasan tersebut. Dari tempat parkiran, Anda harus berjalan kaki lagi hingga sampai di Pantai 3 Warna. Sebab jalur ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor.

Topik Menarik