Gunung Kerinci Erupsi, Keluarkan Abu Setinggi 700 Meter

Gunung Kerinci Erupsi, Keluarkan Abu Setinggi 700 Meter

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 16:30
share

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan bahwa Gunung Kerinci yang berada di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dengan Jambimengalami erupsi pada hari ini, Selasa (6/12/2022). Menurut PVMBG, teramati bahwa kolom abu setinggi 700 menter di atas puncak gunung tersebut.

"Terjadi erupsi Gunung Kerinci pada hari Selasa, 6 Desember 2022, pukul 08:22 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 700 m di atas puncak ( 4505 m di atas permukaan laut)," kata petugas pos pengamatan Gunung Kerinci, Iwan Safwan sebagaimana dalam keterangan di laman PVMBG, Selasa (6/12/2022).

Dijelaskan Iwan, bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Kemudian terekam juga di seismograf dengan amplitudo maksimum 3mm dan durasi 60 detik.

"Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi 60 detik," bebernya.

Lebih jauh, Iwan mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak.

"Gunungapi Kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III)," tuturnya.

Kemudian dia juga mengingatkan untuk jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari, karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

"Sebaiknya jalur penerbangan disekitar gunungapi kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," tandas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik